[Event] BBI Anniversary Project 2015

Hi BBI-ers,

tak terasa tanggal 13 April sudah semakin dekat. Tentunya, semua ingat dong, hari apa itu?

Yak, hari ulang tahun BBI! Buat yang lupa atau malah baru tahu, silahkan setor bakpao dan fanta biru ke Bebi, ya!

Nah, untuk meramaikan ulang tahun BBI, Div. Event terus berusaha agar bisa memberikan suatu hal yang baru dan menyenangkan. Kali ini, acara yang akan diselenggarakan adalah “Around the Genres in 30 Days” yang sekaligus digabung dengan “Giveaway Hop“, event tahunan BBI :)

Buat yang rajin mantau email dan FB, pasti sudah tahu garis besar dari event ini. Idenya adalah, untuk menggabungkan member dengan minat baca pada genre yang sama.

Continue reading

Menjumpai Hairi Yanti Di Kalimantan

*memasuki linimasa sambil geol tjantik*

Halllooo…para sahabat Bebi di manapun kalian berada.
Gimana kabarnya? Sehat sentosa dan bahagia kan? Amiiinn.
Udah pada baca wawancara Bebi bersama kak Raafi yang nge-hits itu kan? Kalo belum, silakan lho baca di sini.

Nah kali ini Bebi mo ngobrol sama kak Hairi Yanti dari blog Diary Buku Yanti .

Header-nya cakep yaa. Bebi naksir deh.
Header-nya cakep yaa. Bebi naksir deh.

Kak Yanti ini tinggalnya jauuuhh dari rumah Bebi, jaraknya sekitar dua juta gigitan bakpao (???). Coba tebak di mana? Ah udahlah ya. Gak usah pada nebak. Bebi kasi tahu langsung aja ya…ya…ya???

Kak Yanti tinggal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Huaaa…bener kan jauuuhh banget dari lokasi Bebi.

Eh sebelumnya, pada nyadar kan ya kalo postingan ini telat buangeeettt? Nyadar dong ya karena itu artinya kalian perhatian sama Bebi #idihmaksa.

Jadi Bebi telat karena kan Bebi niatnya nyamperin kak Yanti ke Kalimantan.
Terus untuk ngumpulin ongkos ke Kalimantan yang harga tiketnya bisa ngajak miskin itu, Bebi pun kerja kerassss selama hampir sebulan dengan cara : jualan bakpao.

So…kerjaan Bebi tuh tiap pagi ampe siang onlen dulu, cari resep bakpao yang enyyaaakk. Sorenya Bebi ke pasar untuk belanja bahan. Malam Bebi konsen bikin bakpao. Pagi besoknya, Bebi nyobain bakpao yang Bebi buat. Karena kan malu-maluin ya kalo Bebi jualan bakpao yang gak enak. Ih…reputasi Bebi bisa tercemar. #apasih

Dan bakpao buatan Bebi enak bangett lhooo. Saking enaknya Bebi gak nyadar kalo bakpao yang buat jualan cuma tinggal…10 :|
Jadi yaa…Bebi jualin aja itu 10 bakpao. Lalu besoknya terulang kejadian yang sama. Tapi kali ini lebih parah. Bebi keasikan nyicipin sampe bakpao yang tersisa untuk dijual cuma 7.

Bebi gak nyerah sih. Pulang jualan bakpao, Bebi semangat gugling resep lagi, bikin bakpao berdasarkan resep baru, dicobain dan ternyata 3x lebih enak dari resep pertama. Walhasil bakpaonya kebanyakan jadi tester dan yang kejual cuma 5.

Begitu teruslah siklusnya sampe akhirnya Bebi keabisan modal buat jualan bakpao, karena semua berakhir jadi tester. Yah…apa mau dikata, Bebi emang berbakat banget sih urusan bikin bakpao. Bakpao bikinan Bebi mah emang cetar-membahana-mengguncang-langgit-menggetarkan-bumi. #heyaa #sombong #BiarBangkrutAsalSombong

Jadi dengan duit dari penjualan bakpao ditambah nebok celengan Doraemon, uang Bebi ternyata hanya cukup untuk beli 2 karung bakpao dan tiket naik getek ke sana.
Dan yang lebih melas lagi, geteknya gak bisa ngapung dengan sempurna karena keberatan di Bebi eh bakpao. Huaaaa……
*elap air mata pelangi*

Jadi ya udah deh.
Untuk menimbulkan suasana ala Kalimantan, Bebi putuskan wawancara kak Hairi Yanti sambil nongkrong di kandang reptil-nya Ragunan aja.
Sebelum Bebi ke sana, persiapan Bebi udah mantap dong. Bebi pake training set warna merah, topi putih dan bawa 2 karung bakpao.
Tapi….kok banyak yang ngira Bebi santa clause ya? :( Ada lho anak kecil yang ngotot mau buka karung Bebi karena dia yakin dalam karung ada kado buat dia.

Ih…GR amat yaaaa ntu anak. Jelas Bebi ogahlah ngasi karungnya. Bebi mah gak pelit. Sungguh! Bebi suka kok berbagi buku, duit (sayangnya Bebi sering bokek), bahkan cinta Adam Levine #haisshh, tapi Bebi gak bakal mau berbagi bakpao. Bebi doesn’t share bakpao, you know!
Yang lebih nyebelin waktu Bebi lewat kandang kuda nil dan ada bad…EH KOK INI JADI CERITAIN BEBI TERUS???  (╯°□°)╯︵ ┻━┻

Oke…maap. m(._.)m
Yuk kita mulai wawancaranya aja. Pokoknya waktu wawancara Bebi lagi ngedeprok bahagia di depan kandang ular sanca, dan kak Hairi Yanti lagi mendekam cantik di rumahnya.

Seperti biasa ya,
warna hitam untuk pertanyaan Bebi
warna biru untuk kak Hairi Yanti
warna pink untuk inner goddess-nya Bebi #ter50shadesofgrey

Pembicaraan kami dimulai dari…

…about the city she lives in, now & in the past…

Q: Haloo Kak Hairi Yanti. Sebelum mulai kenalan dulu yuk. Nama saya Bebi, si unyu-gembil-menggemaskan-nan-tak-terlupakan dari BBI. Domisilinya pindah-pindah, tapi untuk sekarang sih masih betah gelendotan di pangkuan kak Reza Rahadian #iyainajabiarcepet. Kalo kakak Hairi?
A : Halo, Beb. Panggil saya Yanti aja ya. Sekarang saya tinggal di satu kecamatan bernama Muara Jawa, kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim. Jauh ya? (Iya kaaakk, jauuh. Hiks…Bebi masih ingat getek yang tenggelam. #DiSituBebiMerasaSedih)

Q : Wow…Kutai ya? Di data BBI yang Bebi intip, kak Yanti tinggal di Balikpapan. Apa Bebi salah ingat ya?
A : Iya benar. Data sih di Balikpapan. Karena kalau kirim paket, ongkir ke sini mahal banget, jadi untuk alamat saya pakai Balikpapan terus. Suami dari Balikpapan, jadi alamat yang dipakai rumah suami eh rumah mertua. Karena lumayan sering juga ke Balikpapan. Aslinya sih dari Kalimantan Selatan. Pindah ke sini karena suami kerjanya di sini.

Q : Eh itu bilang aslinya dari Kalimantan Selatan. Di Kal-Sel sebelah mana, Kak?
A : Di Barabai. Saya lahir dan besar di Barabai, kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kota kecil juga. Orangtua dan kakak masih tinggal di sana. Saya lumayan sering mudik juga karena kalau suami lagi tugas di offshore saya pulang ke rumah orangtua. Daripada sendirian di rumah sini.

Hayo tebak itu patung apa? Yang benar nanti Bebi kasi doa restu
Kota Barabai nih. Hayo tebak itu patung apa? Yang benar nanti Bebi kasi doa restu

Q : Barabai itu kotanya kayak apa, Kak? Bebi baru tau lho ada kota namanya Barabai. Kayaknya Bebi harus lebih sering mandangin peta Indonesia daripada peta menuju hatinya kak Reza Rahadian ya. (Lalu backsong Maps-nya Maroon 5 pun mengalun) “Now I’m following a map that leads to you…a map that leads to you..there’s nothing that I can’t do…” (EBENTAR DEH!!! Itu ular sancanya ikut godek kepala waktu Bebi nyetel lagu.
Emaap…kok jadi terdistraksi sama ular. Tadi Kak Yanti jawab apa?)
A: Hahaha…Iya, Barabai memang tidak terlalu terkenal. Barabai itu jaraknya 165 km dari kota Banjarmasin. Motto daerahnya Murakata (Musyawarah Rakat Seia dan Sekata)(orang Barabai ada turunan Jepang kah?). Kotanya lumayan kecil, jadi ke mana-mana dekat. Trus dekat Barabai sekitar 8 km ada gunung yang namanya gunung Pagat. Nah gunung ini kalau dilihat dari kota Barabai cakep banget. Saya yang sering lihat aja suka berdecak kagum. Gunungnya enggak terlalu tinggi sih, bukan jenis gunung berapi juga. Yang lumayan terkenal dari Barabai dan suka dijadikan oleh-oleh adalah apam Barabai. Rasanya manis seperti gadis-gadis Barabai yang manis-manis. (WOGH! Bebi musti cek genealogi ini. Jangan-jangan leluhur Bebi dari Barabai. Bebi kan manis juga #LaluDibelitSanca).

Kiri : suasana Barabai, Kanan : kantor DPRD Barabai
Kiri : suasana Barabai, Kanan : kantor DPRD Barabai

Q : Kalo Muara Jawa kotanya kayak apa, kak? Namanya unik ya. Kesannya pulau Jawa tuh bermuara di situ.
A : Kalau Muara Jawa ini kota kecamatan. Ada tiga suku yang mendominasi wilayah ini: Jawa, Banjar dan Bugis. Ini kecamatan yang baru berkembang. Kaya dengan SDA. Jadi walau tidak terkenal tapi bisa jadi bensin yang ada di kendaraan teman-teman juga gas yang ada di dapur teman-teman asalnya dari sini. Hehehe…

Kota Muara Jawa. Tapi ini foto 2 tahun yang lalu. Kalo sekarang udah pake beton, jadi jalanannya udah mulus. Semulus langkah Bebi ke pelami..ah sudahlah
Kota Muara Jawa. Tapi ini foto 2 tahun yang lalu. Kalo sekarang udah pake beton, jadi jalanannya udah mulus. Semulus langkah Bebi ke pelami..ah sudahlah

Q : Wah…kotanya maju dong, kak?
A : Gak juga sih. Sekarang kan sampai tahun 2017 nanti blok Mahakam masih dieksplorasi sama perusahaan Perancis yang namanya Total E&P itu. Nah ada kantornya juga tuh Total di sini.
Kotanya masih sederhana. Agak tidak sebanding sih dengan kekayaan alamnya. Tapi ya itulah, PR besar pemerintah ya (repot ya jadi pemerintah. Gak sekolah aja, PRnya besar. Enakan jadi Bebi #lah). Sekarang sih masih mending karena jalannya sedang dibangun jalan beton. Kalau dulu, wuiiih jalannya sering rusak dan berlubang. Karena tiap hari banyak pengangkut alat berat juga truk batubara yang lewat. Saking sebalnya penduduk sini pernah nanam pisang di tengah jalan berlubang itu.
(Dan sekarang Bebi penasaran rasa pisang yang ditanam di tengah jalan beda nggak dengan yang ditanam di pinggir jalan)

Bebi jadi makin penasaran deh sama Barabai dan Muara Jawa. Untungnya Kak Yanti dengan tulus ikhlas berbagi foto-foto Muara Jawa dan Barabai. Jadi Bebi wawancaranya bisa sambil mengkhayalkan Muara Jawa deh.

Eh baidewei Kak Yanti, Bebi masih pengen lanjutin wawancaranya sih. TAPI KOK INI SANCA-NYA GENGGES YA GODEK-GODEK KEPALA MULU?
Hih! Ular aja bisa naksir sama tipe vokal tikus-kejepitnya mas Levine -__-” . Bentar yaa, Kak Yanti. Bebi ngungsi dulu ke depan kandang buaya.
*lalu Bebi sibuk packing dan ngumpulin sampah bekas bakpao (karena Bebi gak suka buang sampah sembarangan)*

Baiklah…Bebi sudah nangkring cantik depan kandang buaya. Sekarang kita ngobrol lagi ya sama kak Yanti…

…about her family and childhood…

Q : Tadi katanya orang tua dan kakak masih di Barabai. Kak Yanti punya berapa kakak?
A : Saya anak bungsu, punya 2 kakak cowok semua. Kata orang enak ya satu-satunya anak cewek dan punya 2 kakak cowok. Tapi menurut saya ya biasa aja. Kakak saya juga bukan tipikal kakak yang suka manjain adiknya. Malah suka berantem.  (Sama kayak Bebi dong. Bebi juga punya banyak kakak di BBI. Tapi gak ada yang manjain Bebi dengan kasi bakpao sebakul sehari ato fanta biru 1 peti gitu T^T . Ah Kak Yanti, kita senasib #LaluDikelitikinParaKakakDiBBI).

Q: Ceritain dong masa kecilnya gimana, Kak. Seperti dulu sekolahnya di mana, kuliahnya apa.
Terus kak Yanti waktu kecil tipe anak yang betah di rumah ato hobi ngembat bakpao dari warung Koh Ahok dan dimakan sambil ngumpet di pohon jambu dan kemudian pohon jambunya patah karena keberatan menopang kak Yanti. (Kak Yanti gak kayak elo, Beb)
A : Sekolahnya dari TK, SD, MTsN, MAN semuanya di Barabai. Setelah itu baru kuliah di Banjarbaru. Banjarbaru letaknya sekitar 35 km dari Banjarmasin. Saya kuliah di jurusan Teknik Sipil Fak Teknik Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM). Jadi UNLAM ini ada 2 kampus, satu di Banjarmasin, satunya lagi di Banjarbaru. Untuk fakultas eksakta seperti Teknik, MIPA, Kedokteran letaknya di Banjarbaru.
Masa kecil biasa aja kok, Beb. Sekolah-sekolah gitu dan oh ya saya anak rumahan banget. Jadi lebih suka di rumah.

Q : Sekarang beralih ke suami ya. Boleh kan ya nanya-nanya tentang suami? Kak Yanti nikahnya sudah berapa lama? Kenalan di mana? Suami kerja apa ampe ditugasin ke Muara Jawa? Bebi ngeliatnya romantis banget lho kak Yanti mau ikut tugas suami pindah ke kota lain. Ampe sekarang Bebi belum sanggup euy pindah permanen sama mas Levine di LA. Takut kangen banjirnya Jakarta. Makanya Bebi pindah aja ke kak Reza #CUKUPBEB! #GakAdaYangNanya #halah.
A : Nikahnya sejak pertengahan tahun 2012 dan langsung pindah ke sini. Dulu satu kampus sama suami, dia kakak tingkat saya :). Kerjanya di kontraktor migas cabang sini. Emang melamar di perusahaan sini pas ada lowongan jadi kerjanya di sini

Setelah membahas keluarganya kak Yanti, yuk sekarang kita bahas…

…about herself…

Q : Kak Yanti orangnya kayak apa? Dari segi sifat maksudnya.
A : Orangnya kayak apa ya? Cerewet, bawel, agak susah beradaptasi dengan orang baru tapi kalau udah kenal bisa ceriwis sih. (Wah…Bebi juga pemalu sama orang baru #lalutersipumalu #naonsihBeb)

Q : Hobinya apa, Kak? Selain membaca tentunya.
A : Hobinya baca. Hahaha…(Yee…kalo ini sih Bebi juga tahu. Semua kakak di BBI kan hobinya baca :D) Selain baca ya? *mikir* menulis juga suka. Suka masak, nyoba-nyoba resep baru. Tapi sampai sekarang enggak ahli masaknya. Cuma kalau ketemu resep baru suka penasaran pengin nyoba. Seringnya nyoba belum berhasil dan udah jera aja nyoba lagi. Hehehe…Makanya belum pintar juga masaknya.

Q : Wah..suka masak apa, Kak? *mata berbinar*
A : Suka masak macam-macam. Saya kan juga gabung di grup masak di FB. Jadi kalau ada resep yang menggiurkan suka pengin nyoba gitu. Tapi ya banyak gagalnya. Hehehe… Kemarin nyoba bikin martabak, ludes sih martabaknya. Waktu bilang ke suami mau bikin lagi, dia bilang enggak usah masak lagi deh, kita beli aja. (Padahal Bebi gak nolak lho kalo kak Yanti mau bikinin Bebi martabak)

Q : Kalo boleh tahu, sehari-hari kesibukannya Kak Yanti apa? Kerja ato di rumah? Ato ada kesibukan lain?
(A: Di rumah aja. Ngurus suami dan rumah. Doain ya moga cepat dikaruniai momongan jadi bisa tambah sibuk  (Amin). Hehehe… Sekarang sih lagi nyoba konsisten buat menulis tiap hari. Dulu targetnya mau nulis novel. Tapi suka moody dan novelnya enggak pernah selesai. Jadi mulai tahun kemarin banting setir, menulis buat kirim-kirim ke media. Masih berjuang buat bisa konsisten. Karena saya orangnya moody banget.

Weits…kak Yanti baru menyinggung satu hal yang menarik perhatian Bebi. Yaitu tentang … BRAAAKKK!!!
(Eh..apaan tuh?)
Bebi menoleh ke sumber keributan di belakang Bebi. Dan ya ampuuunn….buaya-nya lagi heboh nabrak kaca pembatas di Ragunan. Satu kaki depannya nunjuk-nunjuk ke arah Bebi sambil matanya tertuju ke bakpao di tangan Bebi. Arrgh…buayanya ngiler sama bakpao Bebi. Hih! Ogah!! Bebi gak berbagi bakpao.
Bentar ya…Bebi pindah dulu ke depan kandang gajah.

*kurang lebih 5 gigitan bakpao kemudian*

Okeh…sekarang Bebi udah aman duduk depan kandang gajah sambil nontonin ibu gajah mandiin anaknya. Nah balik ke topik yang menarik perhatian Bebi tadi, yaitu…

…about her writing…

Q : Tadi kak Yanti nyebut soal menulis untuk dikirim ke media. Sudah berapa nih tulisannya yang dimuat, Kak? Bebi nanya langsung gini karena Bebi tahu banget kalo tulisan kak Yanti udah beberapa kali dimuat di media ^__^
A : Tahun 2014 kemarin Alhamdulillah ada 15 tulisan saya yang dimuat di media. Masih sedikit tapi noraknya minta ampun. Hehehe… Soalnya teman-teman lain yang dimuat puluhan di media pada kalem-kalem aja.
Yang dimuat ada resensi, cerpen anak juga catatan perjalanan. Resensi ada yang dimuat di Koran Jakarta, Kompas Anak juga Tribun Kaltim. Kalau cerpen anak ada yang dimuat di Bobo, Kompas Anak juga Yunior Suara Merdeka

Karya Kak Yanti yang udah dimuat di media nih. Penasaran pengen baca ya
Karya Kak Yanti yang udah dimuat di media nih. Penasaran pengen baca ya

Q : Wah…itu hebat lho, Kak. Gimana awalnya tertarik ngirim tulisan ke media?
A : Pertama dulu saya juga agak malas-malas nulis resensi buat dikirim ke media. Terus disemangatin teman dengan kasih tau honornya. Begitu tau ada honor saya langsung semangat #matre (Bebi juga semangat sih kalo tahu ada honornya). Apalagi ada penerbit yang ngasih reward kalau resensi buku terbitan mereka dimuat di media. Jadi selain honor juga bisa dapat buku gratisan dari penerbit. Ada juga penerbit tertentu yang kasih fee. (Wah…baik-baik ya penerbit di sini)

Q : Kak Yanti keren lho, udah 15 tulisannya yang dimuat di media. Bebi sih belum pernah tuh. Bebi juga gak tahu salahnya di mana. Padahal Bebi udah kasi judul yang bombastis biar menarik pihak media, seperti tulisan Bebi yang dikirim ke Trubus dengan judul “Bagaimana Tampil Lebih Mempesona Dari Syahrini Dalam 10 Menit”. Ato tulisan bejudul “Tips dan Trik Membuat Bakpao yang Menjamin Suami Betah Makan Di Rumah”, yang Bebi kirim ke Sports Illustrated. Ampe sekarang gak ada kabarnya tuh 2 tulisan. Jadi minta tipsnya dong supaya tulisannya bisa dimuat di media, kak Yanti. Apalagi review. Soalnya review buku yang Bebi kirim ke koran Lampu Hijau kok gak ada yang pernah dimuat ya.
A : Tipsnya pelajari resensi yang dimuat di media tersebut. Kalau KorJak kan ada web-nya. . Ada rubrik perada yang memuat resensi. Kita tinggal baca dan coba nulis resensi juga yang sesuai dengan ‘napas’ KorJak. Atau kepoin blog teman-teman yang resensinya dimuat. Biasanya abis dimuat mereka juga posting resensinya di blog. Kalau info tentang kirim resensi bisa dilihat di blognya mas Ridho.

Q : Blog siapa aja yang suka di-kepo-in, kak?
A : Kalau yang sering saya kepo-in resensinya blognya mbak Riawani Elyta. Bukan blog khusus buku sih. Mbak Lyta ini juga lumayan sering menang lomba resensi. Bikin mupeng. (mbak Lyta mah emang jagoan)
Kalau blog khusus buku… Emm… Belum ada yang saya suka banget sih. Tapi saya suka baca-baca aja kalau nemu link. Apalagi untuk buku yang baru saya baca. Kadang suka ngebandingin pendapat orang lain terhadap buku yang sama-sama dibaca. Walau baca buku yang sama biasanya yang dirasakan malah beda. Itu serunya baca review.

Q : Mau dong baca beberapa resensi dan tulisan Kak Yanti yang udah dimuat di media. Boleh dong ya? ^_^
A : Boleh, Beb. Ini resensi Priceless Moment-nya Prisca Primasari  dan resensi Pangeran Bumi, Kesatria Bulan di Koran Jakarta. Ada juga resensi Sabtu Bersama Bapak-nya Adithya Mulya di Tribun Kaltim.  Terus ada juga resensi Ibu Sayang Kamu di Kompas Anak berserta cara kirimnya.
Untuk cerpen, ini ada cerpen saya di Majalah Bobo beserta cara kirimnya juga. Sekalian tambahin deh cara mengirim resensi ke Koran Jakarta buat info ke teman-teman yang berminat.

Berguna banget nih tips dari kak Yanti. Kesimpulannya judul bombastis gak menjamin diterbitkan media ya (dan kayaknya cuma Bebi yang mikir gini).

Nah sekarang kita bahas tentang…

…about BBI and her reading hobby…

Q : Terus ceritain dong gimana awalnya gabung BBI? Kesan-kesannya di BBI juga.
A : Awalnya lihat teman-teman gabung BBI seperti mbak Ila dan mbak Esti. Tapi waktu itu belum punya blog khusus buku, ngeblognya di wordpress yang isinya gado-gado. Curhat di sana juga. Ngereview buku di sana juga. Trus kepikiran buat gabung BBI dan harus punya blog buku. Jadi deh bikin blog buku dan daftar ke BBI. Lumayan lama kemarin baru di-confirm jadi anggota. Sempat pasrah juga saya. Kalau enggak diterima akan saya pensiunkan blog bukunya dan kembali ke blog gado-gado aja. Hehehe…
(Maap Kakak. Tahun 2014 kemarin emang ada perubahan sistem penerimaan member di BBI. Ini berlaku untuk kakak-kakak lain yang merasa lama diterimanya ya kemarin :D)
Kesannya senang karena ketemu teman-teman yang suka baca juga. Senang melihat antusias teman-teman sama buku. Kalau sudah melihat teman-teman di grup saya suka ngebatin kata siapa Indonesia minat bacanya minim? Tapi ya persentasinya enggak seberapa ya dibanding jumlah penduduk Indonesia seluruhnya. (Sekarang sih belum, Kak. Tapi Bebi yakin suatu saat para kakak-kakak keren di BBI akan berperan dalam drastisnya peningkatan minat baca di Indonesia. BOOYAH!!) 

Q : Ada aturan BBI yang dirasa sulitkah?
A : Emmm… Enggak ada sih. Merasa wajar aja. Paling posting barengnya saya yang jarang ikutan.

Q : Lho? Kenapa?
A : Mungkin karena saya suka baca buku dengan genre yang sama. Jadi agak susah ngikutinnya. Dan saya tipe pembaca pemilih, kalau buku yang saya enggak doyan, susah banget selesai bacanya apalagi ngereviewnya. (Hehehe…oh gitu. Tapi tahun ini ada Opini Bareng BBI lho. Kak Yanti ikutan yaaa :D)

Q : Kak Yanti suka buku yang kayak apa? Penulis favoritnya siapa?
A : Suka romance dan teenlit. Lebih suka karya penulis lokal dengan setting lokal. Penulis favorit: Ifa Avianty, Orizuka, Windry Ramadhina.

Q : Mendapatkan bahan bacaan di sana susah gak? Baik di Barabai atau pun di Muara Jawa?
A : Kalau beli langsung di sini susah, Beb. Jadi ya solusinya beli online. Kalau di Muara Jawa saya harus ke Balikpapan dulu buat ketemu sama Gramedia. Tapi karena lumayan sering ke Balikpapan jadi berasa gampang aja. Kalau di Barabai ada toko buku. Tapi memang enggak selengkap Gramedia. Lagian kalau beli buku online plus dihitung dengan ongkir harganya bisa lebih murah beli online.
Di Muara Jawa ini beli koran aja harganya 2 kali lipat dari harga yang tercantum. Koran seharga 2000 jadi 4000. Mungkin karena perlu biaya perjalanan juga dan itu satu-satunya lapak koran di sini.

Q : Harga ongkir ke sana berapa, Kak? Biasanya mahal juga ongkirnya. Tiket getek ke sana aja mahal. #MasihBahasGetek
A : Iya. Ongkirnya juga mahal. Sekarang sih kalau dari Jakarta sekitar 30 ribuan. Jadi kalau beli buku sekalian 3 atau 4 supaya optimal ongkirnya.
Kalau cuma beli 1 buku aja bukunya jadi mahal banget. Tapi kalau dihitung (saya sering ngitung soalnya) beli online masih lebih murah daripada beli di toko buku. Hemm.. Balikpapan kan termasuk kota mahal di Indonesia

Q : Harga buku di Gramedia Balikpapan berapa dibanding Jakarta? *iseng nanya*
A : Yang harganya 35 ribu bisa jadi 48 ribu. Ingatnya itu. Itu berapa persen ya? Harganya yang 50an bisa 70an di Balikpapan.
(* ̄(エ) ̄*) Mmmaahhaall yaaa…

Q : Kak Yanti suka baca sejak kapan? Cerita tentang hobi bacanya dong.
A : Suka baca dari kecil. Dari pertama bisa baca. Saking sukanya dulu apa aja dibaca. Mungkin kemaruk baru bisa baca. Hehehe..
Waktu kecil suka baca di perpustakaan. Baca-baca majalah lama punya kakak. Dulu kakak saya punya banyak sekali majalah Ananda. Tapi sayang koleksi majalah Anandanya hilang saat negera api menyerang dalam arti yang sebenarnya. Maksudnya rumah saya dulu pernah kebakaran

Q : Eh…rumah pernah kebakarn? O_o Kapan itu? Ya ampuun…tapi keluarga gak papa kan, Kak?
A: Waktu umur 13 tahun. Alhamdulillah semua keluarga selamat. Rumah dan barang-barang yang enggak sempat diangkut aja yang terbakar. Alhamdulillah sudah digantikan dengan yang lebih baik. Rumahnya jadi baru lagi. (Iya. Alhamdulillah semua berakhir baik. Tapi gimana pun, Bebi turut bersimpati ya).

Baidewei…ini gak sadar ngobrolnya udah hampir 2 jam. Seperti biasa, Bebi mau ngasi pertanyaan acak yaa. Kayaknya harus dipercepat nih nanyanya, karena dari tadi anak-anak gajah lagi nunjuk ke arah Bebi. Rada curiga bakpaonya diincer lagi nih.

Q : Ada mimpi ato cita-cita yg belum tercapai? Kalo ada, apa aja?
A : Ada. Beberapa diantaranya pengin ke Bandung. Hehehe… Sampai sekarang belum kesampaian. Pengin punya taman baca juga.

Q : Pernah kepengen jadi tokoh di buku? Kalo iya pengen jadi siapa dan kenapa?
A : Karena saya banyak baca romance jadi lumayan sering sih pengin jadi tokoh cewek yang ada di sana dan punya cowok cakep yang baik. Hehehe… Tapi sekarang karena udah punya pangeran baik hati yang jadi suami saya jadi ya biasa aja. (Ah Bebi jadi ingat pesan mbah Bebi yang isinya : “When reality finally better than your dream, that’s when you know you have a good life. You have a good life then, Kak).

Q : Seandainya Kak Yanti bakal terdampar di satu pulau dalam waktu lama, pengennya bisa bawa buku apa utk menemani? Maksimal 3 ya.
A : Karakteristik Perikehidupan 60 Sahabat Nabi (buku tebal yang belum selesai juga dibaca, siapa tahu kalau terdampar di pulau bisa selesai bacanya), serial anak mamak Tere Liye karena saya pernah bete banget sampai enggak bisa tidur dan baca serial anak mamak jadi terhibur sekali.

Q : Suka dengarin musik? Kalo iya, musik favoritnya apa?
A : Suka, tapi enggak terlalu juga. Sukanya musik lokal (selera saya memang Indonesia banget). Favoritnya sih tetap Sheila On 7. Tapi lagu-lagu lamanya.

Q : Punya bucket list? Kalo ada,  kasi tahu 5 teratas di bucket listnya dong
A : 1. Pengin konsisten nulis dan cerpen langganan masuk Bobo seperti Mas Bambang Irwanto.
2. Bisa mewujudkan Mimpi 4000 dolar tahun ini. 4000 dolar buat dapat kursi ONH plus.
3. Pengin punya anak. *doakan ya*
4. Nurunin berat badan. Hahahaha…
5. Punya blog khusus kuliner

Keren-keren euy cita-citanya. Bebi doain semoga terwujud semua ya. Amiiin. Dan semoga Kak Yanti

BUG! BUG! BUG!

Bebi melirik ke belakang dan melihat ibu Gajah sedang berjalan ke arah Bebi dengan sepenuh tekad. Aduh…mendadak Bebi punya firasat buruk.

“Okeh…pokoknya semoga kak Yanti bisa…”
Mendadak ada satu belalai panjang terjulur ke arah tangan Bebi. Eits…untung Bebi gesit. Bebi masih sempat menghindar dan menyelamatkan bakpao di tangan. Etapi Gajahnya kayak sebel karena Bebi bisa menghindar.

Akkkhh…mendingan Bebi lari aja deh yaaa, Kak Yantiii.. Bebi cuma ngasi pesan terakhir : “Mudah-mudah kan Yanti bisa aktif di event Baca Bareng BBI ato paling gak Opini Bareng BBI gitu. Ato acara apa pun deh yang ada Bebi-nya biar kita sering ketemu. Dadaaaahhhhh….”

Lalu Bebi pun melaju kencang. Untuk orang sebulet Bebi, Bebi bisa lho menggelinding dengan sangat cepat.

(PS : Haahh…huuhh…hahh..huuhh…Bebi muncul sebentar. Ada pesan singkat dari Bebi untuk teman-teman lain : kalo mau kenalan lebih jauh dengan Kak Yanti, sila cek biodata singkatnya ya. Adiossss….Bebi mo gelundungan lagi)

biodata yanti

*Dan hari itu, pegawai Ragunan sibuk menangkap gajah yang mengejar benda bulat merah yang menggelinding keliling Ragunan. Sampe hari ini, gak ada satu pun yang tahu benda apa sebenarnya yang menggelinding itu. Yang mereka tahu, benda menggelinding itu raib bersamaan dengan raibnya bakpao yang harusnya jadi snack para karyawan hari itu.*

[EVENT] Baca dan Opini Bareng Februari 2015

Baca Opini Bareng 2015

Halo, BBI-ers!

Apa kabarnya? Semoga selalu baik, ya!

Buat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, semoga tidak sedang stress karena banjir. Selalu siapkan perlindungan terbaik untuk buku-bukumu, ya!

Sekadar mengingatkan, tema baca dan opini bareng 2015 bisa kalian cek di sini.

Untuk bulan Februari, tema Opini Bareng adalah “Karakter Tokoh Utama”.

Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?

Pokoknya, silahkan buat opini yang semenarik mungkin dan share ke sesama pecinta buku, ya!

Silahkan buat post dengan menggunakan banner unyu ini.

Banner_OpiniBareng2015

Post bisa dilakukan dari kapan saja, selama bulan Februari 2015. Buat member yang sudah post, bisa menggunakan hashtag #OpBarFebKTU saat tweet ke Bebi lalu submit di linky berikut:

 


Selanjutnya, kita juga masih ada event baca bareng. Untuk bulan Februari, tema yang disepakati adalah “Profesi”.

Buku yang dimaksud adalah buku-buku yang di dalamnya dijelaskan cukup rinci mengenai profesi tokoh-tokohnya. Misalnya, Twivortiare Ika Natassa yang menjelaskan profesi bankir.

Harap mencantumkan button berikut di post kamu, ya.

Banner_BacaBareng2015

Post bareng akan dilaksanakan tanggal 27 Februari 2015.

Jadi, harap bersabar untuk menunggu linky dibuka :)

 


Reminder untuk tema posting bareng Maret 2015

Opini Bareng: Alur Cerita

Apakah kamu tipe yang ingin alur cerita maju teratur atau melompat-lompat? Buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan yang pernah kamu baca?

Baca Bareng: Adaptasi buku ke film atau film ke buku

Contoh: The Fault in Our Stars, Supernova, dll, dipos tanggal 31 Maret 2015.

 

Nah, sekian dulu informasinya, ditunggu partisipasi teman-teman sekalian!

 

Salam baca,

Div. Event

[EVENT] Secret Santa 2014: Siapa Santa Kamu?

Dear BBI-ers,

Pertama-tama, terima kasih atas partisipasi teman-teman Secret Santa 2014. Terima kasih untuk semua yang sudah aktif dalam berkomunikasi dan juga patuh pada timeline yang sudah ditentukan. Semoga kalian menikmati acara Secret Santa 2014 yaa..

SecretSanta2014

Sesuai janji, hari ini Div. Event akan mengumumkan riddle terfavorit, yang diberikan kepada:

Nina sebagai Santa dari Atria

Selamat, Nina! Div. Event akan mengirimkan hadiah berupa satu buah buku The Casual Vacancy dan juga paket merchandise BBI.
Continue reading

[Event] Baca dan Opini Bareng Januari 2015

Baca Opini Bareng 2015

Halo semuanya, selamat hari Senin!

Seperti yang sudah diketahui, per tahun 2015, kita tidak lagi hanya mengadakan event baca bareng. Kita juga memiliki event Opini Bareng yang berarti tiap anggota dibebaskan berbagai pendapat tentang tema yang dibagikan per bulannya.

Tema dan penjelasan singkat tentang event ini bisa kamu cek di sini.

Untuk Januari 2015, temanya adalah Ekspetasi. Buat kalian yang sudah buat postingan, silahkan setor di sini:

 

Tidak ada jadwal khusus untuk posting Opini Bareng. Yang penting dilakukan selama bulan Januari. Jangan lupa untuk mencantumkan banner Opini Bareng, ya.

Silahkan diambil~

Banner_OpiniBareng2015

Selanjutnya, untuk tema Baca Bareng bulan Januari adalah baca bareng buku dari Santa. Tentu saja ini hanya untuk para peserta SS :)

No worries, member yang lain bisa share untuk Opini Bareng, kan? ;)

Linky untuk post Baca Bareng akan dibuka tanggal 30 Jan. 2015. Jadi, harap bersabar untuk setor post, ya :D

Berikut adalah button untuk Baca Bareng:

Banner_BacaBareng2015

Ke depannya, posting reminder ini akan dibuka setiap pertengahan bulan. Semoga tidak membingungkan ya, BBI-ers!


Jangan lupa, untuk bulan Februari, tema Baca dan Opini Bareng adalah sebagai berikut:

Baca Bareng: Profesi, yaitu buku-buku yang di dalamnya dijelaskan cukup rinci mengenai profesi tokoh-tokohnya.

Misalnya, Twivortiare Ika Natassa yang menjelaskan profesi bankir. Dipos tanggal 27 Februari 2015.

Opini Bareng: Karakter Tokoh Utama.

Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?

Nah, selamat bersenang-senang dan semangat membaca!

 

Salam baca,

Div. Event

 

 

activate javascript

Ngobrol Bersama Abduraafi Andrian

Halo sahabat-sahabat Bebi, semoga postingan ini menemui kalian semua dalam kondisi sehat, bahagia serta sentosa. Yeaayy….

Anggota BBI semakin bertambah setiap tahunnya. Mereka datang dari berbagai daerah dan latar belakang. Nah untuk lebih saling mengenal antar anggota, maka Bebi akan mewawancarai para anggota baru. Wawancara ini akan terbit setiap 2 minggu sekali dengan member yang berbeda.

Avatar Twitternya kak Raafi
Avatar Twitternya kak Raafi

Dan yang terpilih untuk diwawancarai di episode perdana ini adalah : kak “Abduraafi Andrian” dari blog Ough, My Books!   Horeeeeee……. *tebar confetti* *abis itu ospek kak Raafi buat nyapu confetti* #lah

 

blog raafi

ket :
warna hitam : Bebi selaku pewawancara
warna biru : Raafi selaku narasumber
warna pink : Komentar (gak penting) Bebi yang harus ikut dibaca. Kan Bebi udah bela-belain nulis. #dicekokinjangkar

…about his recent life…

Q : Halo kak Raafi, boleh tolong sebutin data diri? Seperti domisili di mana dan pekerjaan sekarang apa?
A : Aku tinggal di Tangerang. Alhamdulillah udah lulus kuliah dan wisuda. Sekarang kerjanya nganggur ditemani buku-buku dan nyambi jadi editor freelance

Q : Waaahh…..selamat ya untuk wisudanya. Kuliah di jurusan apa?
A : Kuliahnya jurusan manajemen informatika. Dan itu jauh banget dari pekerjaanku sebagai editor. Tapi editor itu cita-cita yang sudah kutanam sejak pertama kali berkenalan dengan buku.
(Hehehe…wajar kok, kak. Memang seringnya cita-cita gak sejalan dengan realita. Seperti Bebi yang bercita-cita nikah sama Adam Levine, eh sekarang malah…ah sudahlah #GakBolehCurcolKatanya)

Q: Ebentar…tadi katanya bekerja sebagai editor? Gimana…gimana?
A : Iya, sekarang aku punya pekerjaan baru yaitu editor freelance. Satu novel terjemahan fantasi sudah aku edit dan menuju toko buku : The Darkest Minds. Seperti mimpi jadi nyata, menjadi editor dengan buku genre favorit: fantasi.

Q : Wooowww….keren! Selamat (lagi) ya untuk kelahiran buku barunya. (lempar confetti lagi sekalian petasan. Kak Raafi ini yang beresin *siul-siul*)
A: Yeah. Makasih banyak. Jangan lupa cicipi hasil editanku. Hehehe….(hohoho…beres itu mah. Yang penting itu confetti dan sisa petasan disapu dulu coba, Kak Raafi).

Q : Ceritain dong gimana awalnya bisa jadi editor The Darkest Minds sampai bisa masuk ke dunia penerbitan gitu. Pasti teman-teman BBI banyak yang penasaran.
A : Ah ya. Beberapa teman juga tanya tentang itu.
Jadi editor ini berawal dari informasi seorang teman yang kerja di penerbit itu. Dia bilang sedang cari editor baru. Katanya biar pembaca ikut andil dalam pembuatan buku atau novel terjemahan. Memang ada beritanya via twitter dan aku langsung kirim CV dan contoh naskah editanku ke email yang bersangkutan. Setelah beberapa minggu diproses, aku jadi editor deh. Sebenarnya ini tentang kesempatan sih. Walaupun kecil kemungkinannya, kita harus tetap mencoba. Aku juga sempat cari naskah cerpen temanku buat jadi bahan editan sebagai syarat yang ditentukan penerbit itu. Dan syukurlah dapat. (Iya bener ya, kak Raaf. Ibarat kata jadi editornya The Darkest Minds itu emang sudah destiny-mu. *lalu galau membayangkan destiny Bebi di mana* #CukupBebCukup)

Q : Terus rencana ke depannya gimana? Berniat ngejar karir di dunia penerbitan ato di manajemen informatika?
A : Rencana ke depan ya...(mata menerawang, backsound musik syahdu mengalun…#terbawasuasana) mau coba dunia kerja. Kalo bisa kerjaan yang berhubungan dengan buku. Jadi asisten editor boleh, jadi proofreader boleh, apapun deh. Tapi kalo emang peribahasa “dunia kerja itu keras” ya tidak tutup kemungkinan kerja di luar bidang itu. tapi mungkin dengan setengah hati. *hiks*
(Didoain semoga dapat kerjaan sesuai dengan keinginan hati ya, kak Raaf).

…about himself and his past life…

Nah setelah bahas masa sekarang dan rencana masa depan, yuk kita balik ke masa lalu. Etapi bentar dulu ya, kak Raaf…(ganti backsound dengan dangdut pantura biar suasana lebih bersemangat). Ditingkahi suara Ayu Tinting mencari alamat yang udah di-remix ampe gak mirip lagi dengan lagu aslinya, pembicaraan kami pun berlanjut.

Q : Cerita dong, dikau berapa bersaudara, sewaktu kecil tinggalnya di mana dan Raafi kecil tuh seperti apa?
A : Aku anak pertama dari tiga bersaudara. Kedua adikku laki-laki juga.
Sejak kecil hidupku udah berpindah-pindah. Pindah kota, pindah sekolah, gonta ganti teman. Aku tinggal di kota Cilacap sekitar 10 tahun. Lalu pindah ke tempat nenekku di Wanareja, salah satu kecamatan di kab. Cilacap juga. Tapi karena aku kurang pandai bergaul, bukannya tambah teman, aku malah jadi minder sama teman baru.
Dari situlah aku lebih tertarik sama buku. Buku itu the best friend-lah pokoknya. Tapi semakin besar semakin realistis. Kalo ga punya teman, ga bisa bersosialisasi malah nanti kena batunya. Jadi aku mencoba terbuka sejak SMP dan SMA dengan ikut kegiatan ekstrakurikuler. Dan yeah, teman yang nyata itu memang dibutuhkan. Sangat malah. (Setuju, kak Raaf. Karena persahabatan bagai kepompong, hal yang tak mudah berubah jadi indah #hayoloh #YouSingYouLose)

Q : Cita-citanya waktu kecil apa? Jadi editor juga?
A : cita-cita waktu kecil itu jadi penyanyi. Serius deh, kalo diingat-ingat lagi, aku ketawa sendiri. Karena memang waktu SD suka ditunjuk guru ikut berbagai lomba dan, ya…membuahkan hasil. Waktu SMP dan SMA semakin intens berlatih dengan paduan suara di sekolah. Waktu kelas 11 SMA aku sempat jadi juara 2 lomba nyanyi tunggal keroncong POPDA SENI sekabupaten. Dan itu memacu lagi buat jadi penyanyi sampe sempat ikut audisi Indonesian Idol beberapa tahun lalu. Hahaha… Lucu deh kalo ingat masa-masa itu. Sekarang sih sudah realistis. *sudah berapa kali bilang realistis ya?*

Q : Hapaaah? Pernah ikutan indonesia idol? Wow…ketemu Anang dong? (kenapa Anang yg diingat?)
A : Wahaha…Gak sampe ketemu para artis, Beb. Sebelumnya ada audisi booth kecil dulu, dan disitu aku pulang lebih awal. *biar dramatis* (Dan aura yang dihasilkan dari dangdut Pantura tidak pernah terasa sedramatis ini)

…about books and his love of reading…

Yuk…kita pindah bahas buku, Raaf. Hal yang kita dan semua BBI suk…
“Sakitnya tuh di sini di dalam hatiku. Sakitnya tuh di sini melihat kau selingkuh…”
Aduh…mulai gengges ya background musiknya. Ya udahlah..ganti lagu aja dulu. Diiringi vokal kejepit pintu khas Adam Levine, kami melanjutkan percakapan via LINE yang sempat tertunda.

Q : Semua juga tahu sih ya kak Raafi demen banget dengan genre fantasi. Selain fantasi, suka genre apalagi?
A : Aku gak ada favorit lain selain fantasi. Saking sukanya aku sampe bikin grup PNFI Mei tahun lalu. Tapi kalo suka, ya aku suka kisah klasik, literatur Indonesia dan fiksi-historis.

Q : Novel fantasi yang bagus menurut kakak seperti apa?
A : Menurutku novel fantasi yang bagus adalah yang membawa pembaca berimajinasi tinggi tentang apa yang diceritakan. Apapun unsurnya. Settingnya bisa terdeskripsikan dengan baik, karakter yang tidak mainstream dan penuh kejutan, bisa juga entitas (makhluk) fantasi yang digambarkan secara rinci sehingga pembaca dapat mengolah dengan pikiran mereka sendiri. Salah satunya tercapai, maka novel fantasi bisa dikatakan bagus.

Q : Lalu novel fantasi yang memenuhi kriteria itu apa?
A : Untuk novel fantasi ya, jujur aku belum baca Harry Potter. Banyak yang minta aku untuk baca serial itu karena katanya memang rekomendasi untuk genre fantasi. Tapi yang bisa membuatku jadi suka novel fantasi adalah seri The Heroes of Olympus-nya Rick Riordan. Itu rekomen banget deh. Kita juga bisa belajar mitologi Yunani dan Romawi.

Q : Ah iya…Rick Riordan emang seru. Bebi juga suka mitologi. Ada seri mitologi lain yang disukai, kak?
A : Nah…mitologi lain. Ada novel Sea of Trolls karya… siapa ya? Lupa. Cerita fantasi berlatar mitologi.

Q : Ooo…Sea Of Trolls. Nordic mythology berarti ya. Suka banget mitologi ya, kak Raaf?
A : Nah iya. Nordic. Bebi tahu banyak ya. (Aduh…jadi tersipu #hooyy. Yaiyalaaahh…Bebi gitu lho). Mitologi itu menyenangkan. Ada yang bilang itu memang ada di jaman dulu, tapi yah, namanya mitologi itu berdasarkan kepercayaan.

Q : Jadi penulis fantasi favorit yang semacam Rick Riordan ya?
A : Rick Riordan dan Neil Gaiman. Neil Gaiman top deh bikin dark fantasy, cerita yang spooky misterious semacam itu. Selain itu ada Jonathan Stroud penulis bartimaeus. Mereka bertiga deh top 3 buatku.

Q : Eh…kak Raafi bilang belum baca Harry Potter? Emang belum sempat aja ato gak minat? Kalo Lord of The Ring udah baca, kak? Bebi suka iri sama orang-orang di kedua seri itu. Bebi kan juga pengen naik naga.
A : Hahaha… belum baca keduanya, Beb. Aku bukan yang terlalu mainstream, maksudku kalo orang bilang bagus, aku malah muak karena mungkin mereka hanya membesar-besarkan dan ikut-ikutan saja. Tapi aku memang pengen baca Harry Potter kalo ada waktu. (Oh gitu. Tapi kak, kalo banyak orang bilang Bebi keren karena emang gitu kok. Bukan dibesr-besarin #Bebimalahpromosi)

…about PNFI…

Q : Tadi sempat nyinggung tentang PNFI. Ceritain dong tujuannya kak Raafi membentuk PNFI. (PS : Buat yang belum tahu, kak Raafi ini pendiri Penggemar Novel Fantasi Indonesia, sebuah grup penggemar fantasi yang berbasis di Facebook)
A : Tujuannya supaya para penggemar novel fantasi bisa berkumpul bersama, sharing tentang apapun di bawah lingkup novel fantasi. Banyak juga penulis-penulis fantasi amatir yang minta kritik dan sarannya di sana. Pokoknya segala tentang fantasi deh.

Q : Dan sekarang PNFI udah besar banget ya. Bisa cerita gimana perjalanan PNFI ampe sebesar sekarang?
A : Mungkin karena grup ini independen. Bebas dan tidak terikat penerbit manapun. Jadi bisa tukar informasi dengan lebih leluasa, dengan syarat tidak mengandung unsur promosi. Aku juga salut sama teman-teman yang bareng – bareng membuat grup ini besar, juga para admin yang bekerja keras membangun bersama. *kok kayak slogan iklan semen*. Yang menggiurkan, setiap bulannya pasti ada event menarik buat para member. Jadi bisa dapat novel fantasi gratis. Bebi udah pernah ikutan event-nya? Seru lho….

Q : Hehehe…belum pernah, kak Raaf. Contoh event-nya apa aja?
A : Event PNFI yang paling diingat itu event Januari 2014, tentang cosplay parody. Jadi para anggota ditantang untuk menirukan gaya berpakaian karakter yang ada di novel fantasi, dan harus menggunakan barang-barang seadanya. Seru kan? Selain itu ada event membuat cerita pendek, crossover, kuis pengetahuan fantasi, dan lelang buku. Konsep lelang PNFI juga yang pernah diambil oleh BBI. Banyak deh. (Wah seru ya. Bebi pengen ikutan ah asal Bebi dijamin menang #lho)

…about BBI…

Q : Ceritain gimana awalnya ampe tertarik gabung BBI dong
A : Awalnya emang suka membuat “bekas” bahwa aku sudah baca buku ini lho. Nah, dengan menulis review lah bekas itu tercetak dan aku kumpulkan di blog. Setelah mendengar ada BBI, dan karena aku masih dalam misi “mencari banyak teman dengan ikut komunitas”, aku jadi semakin tertarik dengan BBI. Dan, tadaaa…aku sedang diwawancarain Bebi.

Q : Lalu kesan setelah gabung di BBI gimana?
A : Banyak hal yang dapat dipelajari seperti bagaimana membuat review yang baik dengan melihat review teman – teman BBI. Dan tentang berorganisasi juga, bagaimana peran seorang member suatu komunitas manut dan tunduk pada aturan yang ada; seperti blog yang minimal sebulan sekali di-update. Terus aku ditunjuk jadi koordinator IRF yang semoga bisa menambah pengalamanku. (Wah…mesti wawancara kak Raafi lagi nih selaku pengalamannya jadi koordinator BBI di IRF 2014)

Q : Merasa ada kesulitan dalam me-maintain blog buku? Ato ada aturan BBI yang dirasa kurang sreg?
A : Emmm… sejauh ini sih masih biasa, belum ada kendala karena blognya masih itu-itu saja. Setelah baca kalo bisa langsung bikin review, atau kalo lagi males semales-malesnya, bikin review setelah beberapa buku dibaca. Aturannya BBI oke kok. Buktinya sampe sekarang tidak ada masalah berarti, malah semakin banyak merangkul semua kalangan.

…and then…

Oke…karena interview-nya udah puanjaaangg banget, Bebi kasih 3 pertanyaan terakhir aja ya.

Q : Jadi dalam 7 kata, Abduraafi Andrian adalah seorang yang?
A : Pendiam, selalu ingin tahu, menyenangkan. Semoga begitu.

Q : Kalo bisa masuk ke dalam suatu buku dan jadi tokohnya, pengen masuk di buku apa dan jadi siapa?
A : Di buku The Graveyard Books-nya Neil Gaiman jadi Nobody Owens. Hahaha…Pengen jadi misterius dan ingin tahu. (Bebi mikirnya bakal pengen jadi Crowley di Good Omens lho #heh)

Q : Punya bucket list? Sebutin 5 yg teratasnya dong kalo ada.
A : 1. Masuk ke dalam Ka’bah dan melihat apa yang ada di dalamnya.
2. Menulis kisah fantasi yang dielu-elukan secara nasional dan internasional.
3. Ke Mars dan mencari tahu apakah planet itu bisa ditinggali manusia, mengingat Bumi sudah semakin tak bersahabat.
4. Memiliki perpustakaan pribadi.
5. Mencium kedua telapak kaki Ummi di depan umum.

Wah…bucket list-nya keren-keren banget. Bikin Bebi minder sama bucket list versi Bebi. (Lalu melirik bucket list sendiri yang salah satu isinya adalah berenang di kolam fanta biru dan makan 50 bakpau dalam 10 menit (.__.) #cetek).
Kalo gitu cuma bisa mendoakan semoga semua di bucket list-nya terwujud ya, kak Raafi. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk ngobrol. Senang bisa mengenal kak Raafi lebih dekat.

Untuk sahabat Bebi yang lain, nantikan wawancara bersama Bebi di lain waktu ya. Siapa tahu lain kali kamu yang diwawancarai sama Bebi. Hooyaaahhhh…..
*Lalu nyetel backsound Mengheningkan Cipta*

Baca dan Posting Bareng Desember 2014

Halo semuanya!

Sebelumnya, mohon maaf untuk kesalahan penulisan tanggal di post Secret Santa. Tanggal yang benar untuk posting bareng riddle dari Santa adalah 29 Desember 2014, alias hari ini, jam 9 pagi.

Banner yang digunakan tentu beda dengan banner posting bareng. Silahkan gunakan banner berikut:

SecretSanta2014

Untuk yang sudah posting, silahkan memasukkan link kalian ke linky yang sudah disediakan berikut ini. Sengaja dibedakan agar tidak bingung, ya.

 

Selanjutnya, untuk posting bareng Desember 2014, yaitu salah satu buku dari paket buku terjemahan penerbit BukuKatta.

Silahkan menyetor link postingan kalian di sini:

Seperti yang sudah diketahui, event baca dan posting bareng ini adalah kali terakhir di tahun 2014.

Untuk tahun depan, kita memiliki konsep yang sedikit berbeda yang bisa dilihat lebih lanjut di sini.

Wrap-up lebih lengkap akan dilakukan di bulan Januari, ya. Terima kasih untuk semua yang berpartisipasi dan semoga kalian semua bersenang-senang!

Salam baca,

Div. Event BBI

[The 100 best novels] #50 – Mrs Dalloway by Virginia Woolf (1925)

mrs dalloway

In the spring of 1924, Virginia Woolf, then in her 40s, gave a famous lecture, later published as the essay Mr Bennett and Mrs Brown, in which she declared that “we are trembling on the verge of one of the great ages of English literature”. She might have been speaking about herself. In the next 15-odd years, before her suicide, Woolf would transform the English literary landscape forever. She would innovate (To the Lighthouse); she would flirt (Orlando); she would provoke (A Room of One’s Own) and, privately, would dazzle herself and her friends with a stream of letters (and diaries), all of which reveal a writer’s mind at full tilt.

Woolf is one of the giants of this series, and Mrs Dalloway, her fourth novel, is one of her greatest achievements, a book whose afterlife continues to inspire new generations of writers and readers. Like Ulysses (no 46 in this series), it takes place in the course of a single day, probably 13 June 1923. Unlike Joyce’s masterpiece, Woolf’s female protagonist is an upper-class English woman living in Westminster who is planning a party for her husband, a mid-level Tory politician.

As Clarissa Dalloway’s day unfolds, in and around Mayfair, we discover that not only is she being treated in Harley Street for severe depression, a familiar subject to Woolf, but she also conceals a troubled past replete with unarticulated love and suggestions of lesbianism. Equally troubled is the novel’s second main character, explicitly a “double”, a Great War veteran who fought in France “to save an England which consisted almost entirely of Shakespeare’s plays”. Septimus Warren Smith is suffering from shell shock and is on his way to a consultation with Clarissa’s psychiatrist. Mingled with the preparations for the party, the stream-of-consciousness exploration of Mrs Dalloway’s inner state is broken by an irruption of senseless violence when Septimus, who is waiting to be taken to an asylum, throws himself out of a window. News of Septimus’s suicide becomes a topic of conversation at Mrs Dalloway’s party, where Woolf indicates Clarissa’s deep sympathy for the dead man’s suffering. The novel ends unresolved, but on a note of suspenseful menace. “What is this terror?” writes Woolf. “What is this ecstasy?” Her mature work would be devoted to exploring these questions.

A note on the text

Mrs Dalloway, published by the Hogarth Press with a striking Vanessa Bell dust jacket on 14 May 1925, was a novel that grew out of two previous short stories, Mrs Dalloway in Bond Street and The Prime Minister. The latter makes his appearance at the party at the end of the novel. Clarissa also appeared in Woolf’s first novel, The Voyage Out, as well as in five of her short stories.

Mrs Dalloway’s literary influence can be seen in Michael Cunningham’s The Hoursand perhaps also in Ian McEwan’s novel Saturday, which takes place on a single day, 15 February 2003.

Three more from Virginia Woolf

To the Lighthouse (1927); Orlando (1928); A Room of One’s Own (1929).

http://www.theguardian.com/books/2014/sep/01/100-best-novels-mrs-dalloway-virginia-woolf-robert-mccrum

[The 100 best novels] #49 – Gentlemen Prefer Blondes by Anita Loos (1925)

41vk1BGfhFL._SY344_BO1,204,203,200_

Anita Loos, a screenwriting Hollywood wunderkind, says she began to draft Gentlemen Prefer Blondes, a jazz age classic, on the American railroad, as she crossed from New York to LA in the early 1920s. Travelling on the celebrated Santa Fe Chief with the movie star Douglas Fairbanks and his brainless leading lady, the young Loos became exasperated that a woman so stupid could “so far outdistance me in feminine allure”. Could this girl’s secret, Loos wondered, possibly be rooted in her hair? “She was a natural blonde and I was a brunette.”

Lorelei Lee (aka Mabel Minnow from Little Rock, Arkansas) was born in that nano-second of female rivalry. Whipping out her yellow pad, Loos began drafting The Illuminating (originally Intimate) Diary of a Professional Lady, teasing fact and fantasy into an intoxicating depiction of “the lowest possible mentality” in prohibition America, a gold-digging blonde who is not – surprise, surprise – quite as dumb as she looks. No wonder that the part burst into life when Marilyn Monroe starred in the 1953 film version.

Later, Loos joked that the plot of Gentlemen Prefer Blondes was “almost as gloomy” as a Dostoevsky novel. Indeed, without Lorelei’s faux-naif interior monologue, her tale is replete with hints of rape, actual murder, seduction, gangsterism, and courtesanship, spun into airy nothing. When her diary begins, Lorelei is “under the protection” of the millionaire Gus Eisman, a Chicago button manufacturer, but in danger of falling in love with an impecunious British writer who wants to divorce his wife and marry the woman he believes to be his true love.

When Eisman gets wind of this, he sends his mistress on a European tour with her hard-boiled friend Dorothy. Quickly bored with London, despite a dance with the Prince of Wales, they head for Paris (“devine”) and its romantic attractions, especially “the Eyeful Tower”. Yet the longer Lorelei’s sentimental education continues, the more she recognises the truth: continental men are no match for Americans. “I really think,” she writes, “that American gentlemen are the best after all, because kissing your hand may make you feel very, very good but a diamond-and-safire [sic] bracelet lasts for ever.”

This novella (it is barely 150 pages in my battered Penguin edition) falls into the category of “guilty pleasure”, but I think it earns its place on this list, if only for the roll call of its distinguished contemporary fans, its lasting influence, and intensely quotable lines. Long before Helen Fielding’s Bridget Jones, Loos hit on a young woman’s diary as the perfect medium for satirical romance. Gentlemen Prefer Blondes, serialised in Harper’s Bazaar, became cult reading. Edith Wharton, probably tongue in cheek, hailed it as “the great American novel”. Loos, an unreliable witness, claimed that James Joyce, who was losing his sight, saved his reading for Lorelei Lee. Who knows? It’s a little book with a broad smile, and a deceptively big heart.

A note on the text
In her prime, in the 1920s, Anita Loos was “the Soubrette of Satire”and also boasted that her first screen credit was for an adaptation of Macbeth in which her billing followed immediately after Shakespeare’s.

The roaring success of Gentlemen Prefer Blondes owes an important debt to the celebrated critic and columnist, HL Mencken, a friend of Loos’s. “Menck”, as she called him, had just left the editorship of The Smart Set for The American Mercury, and correctly saw that “making fun of sex” was the kind of risque novelty that would work better in a popular middlebrow publication like Harper’s Bazaar. So Loos took her Lorelei material to the Harper’s editor, Henry Sell, who encouraged Loos to extract maximum advantage from Lorelei’s European trip. In just a few months, Gentleman Prefer Blondes became a magazine sensation. Newsstand sales of Harper’s doubled, tripled and quadrupled.

Then the publishers Boni and Liveright came calling, and made a contract for a slim hardback, illustrated by Ralph Barton. Blondes sold out at once as a runaway bestseller, becoming the second highest-selling book of 1926, and helping to define the jazz age for ever. A second edition of 60,000 copies was exhausted almost as quickly. Some 45 editions later (in the end, 80-plus), the book had passed into classic status. It would be translated into 14 languages, including Chinese. Eventually, Lorelei’s most memorable obiter dicta found their way into the Oxford Dictionary of Quotations. The idea that “diamonds are a girl’s best friend” passed into popular culture, and is now repeated without irony too often to be diverting. Loos herself lived long enough (she died in 1981) to describe her book as a “period piece” for the grandchildren of its first fans. “May they be diverted by the adventures of Lorelei Lee”, she wrote, “and take courage from the words of her favourite philosopher: ‘Smile, smile, smile.'”

Three more from Anita Loos
But Gentlemen Marry Brunettes (1928); A Girl like I (1966); Kiss Hollywood Goodbye (1974).

http://www.theguardian.com/books/2014/aug/25/100-best-novels-gentlemen-prefer-blondes-anita-loos-robert-mccrum

[The 100 best novels] #48 – A Passage to India by EM Forster (1924)

 

download

In 1957, EM Forster, looking back in old age, wrote that the late-empire world of A Passage to India “no longer exists, either politically or socially”. Today, approaching 100 years after its composition, the novel is probably as “dated” as ever. Yet – because Forster’s concern is the forging of a relationship between a British schoolteacher and a Muslim doctor, reflecting the larger tragedy of imperialism – A Passage to India stands as a strangely timeless achievement, one of the great novels of the 20th century.

The part of A Passage to India that most readers remember, of course, is the tortuous romantic drama of the Marabar caves. Thus: when Adela Quested, an English schoolteacher, and her companion Mrs Moore arrive in Chandrapore they enter colonial India, a place obsessed with the promotion of British values and the British way of life. The idea is that Adela will meet and marry Mrs Moore’s son Ronny, an eligible but bigoted British civil servant, the city’s magistrate. But Miss Quested, as her name implies, has other ideas. Rejecting the prejudice and insularity of the British community, she sets out to investigate the “real” India, assisted in her search by Dr Aziz, a young Muslim doctor who naively wants to promote an entente between the master race and its colonial subjects. Each, in turn, is encouraged by the head of a local government college.

Aziz arranges for Miss Quested and Mrs Moore to visit the famous caves at Marabar. There, in a classic episode of Forsterian “muddle”, something happens between Aziz and Adela that disgraces the doctor, and inflames the furious hostility of the British sahibs. In the crisis, Aziz, already disdained as “spoilt westernised”, is imprisoned. Eventually, after a trial, Adela withdraws her charges and Aziz, radicalised and angry, moves to the native state of Forster’s imagination. “I am an Indian at last,” he says, and he stands alone in the monsoon rain. There, in the closing part of the novel, he is visited by Fielding, the British schoolteacher who had been his great confidant and friend. The Aziz-Fielding relationship tormented Forster. In a passage that caused him great creative agony, he wrestled with the complexity of an east-west understanding. “But the horses didn’t want it – they swerved apart; the jail, the palace, the birds, the carrion… they didn’t want it. ‘No, not yet,’ and the sky said, ‘No, not there.'” It is a bleak but prescient conclusion: the issue of east and west is no nearer a resolution today than it was 100 years ago.

A note on the text

EM Forster visited the caves of Barabar in January 1913 on his first visit to India. It was an experience he never forgot, and it was into his fictional caves of “Marabar” that he sent Mrs Moore and her young companion, Adela, in the central and all-important section of his masterpiece, Part II, Caves. On his return from India, he began to write an Indian novel, but abandoned it to write Maurice, a novel of homosexual desire that would not be published until after his death. He did not return to his “Indian” manuscript until 1921, having recently accepted a post as private secretary to the Maharajah of Dewas. Nevertheless, the experience of writing the novel was hardly fulfilling to him. He admitted privately that he was “bored by the tiresomeness and conventionalities of fiction-form”, especially “the studied ignorance of the novelist”. The last section, Temple, was Forster’s attempt, after a long struggle, to lift the narrative to a higher plane, as well as to resolve the unbridgeable conflict within the Raj.

A Passage to India was published on 4 June 1924 by the British imprint Edward Arnold, and then on 14 August in New York by Harcourt, Brace and Co. Forster borrowed his title from a Walt Whitman poem of the same name in Leaves of Grass. By the end of the year, there were 17,000 copies in print in Britain and more than 54,000 in the US. Forster’s best-ever sales were matched by enthusiastic reviews. Only in India were critics exercised by his portrait of Anglo-Indian society. Today, he is seen as eerily prescient.

The typescript of A Passage to India, with many manuscript revisions, is now held in the library at King’s College, Cambridge, Forster’s home throughout his later years. As many have noted, Forster never wrote another novel, and lived until 1970, aged 91. For 46 years, his reputation grew with every book he didn’t write.Maurice (written 1913-14), an explicitly homosexual novel, was published posthumously in 1971.

Three more from EM Forster

A Room With a View (1908); The Longest Journey (1907); Howards End (1910).

http://www.theguardian.com/books/2014/aug/18/100-best-novels-a-passage-to-india-em-forster-robert-mccrum

data recovery