Books "PEGASUS & THE NEW OLYMPIANS"

Books “PEGASUS & KAUM OLYMPUS BARU”
Judul Asli : PEGASUS & THE NEW OLYMPIANS
[ book 3 of PEGASUS Series ]
by Kate O’Hearn
Copyright © 2011 by Kate O’Hearn
Penerbit Bhuana Ilmu Populer
Alih Bahasa : Ruth M. Panggabean
Editor : Nadya Andwiani
Lay-out : Denis Agung
Desain Sampul : Alf. Yogi S. 
Cetakan I : April 2014 ; 450 hlm ; ISBN 978-602-249-574-1
Rate : 3 of 5

Back again on Pegasus, Emily, Joel and of course, The Olympians !! Kisah dibuka dengan kehidupan baru yang dijalani oleh Emily dan Joel sebagai bagian dari Kaum Olympian. Dengan kehadiran ayahnya, yang telah terselamatkan dari CRU, seharusnya Emily bisa bahagia dalam menjalani hari-hari di Olympus bersama sahabat-sahabat barunya. Namun entah mengapa, ia masih sering gelisah, mendambakan kunjungan kembali ke Bumi, ke tempat dimana ia terlahir dan besar bersama teman serta kenalan sesama manusia.

Hal itu mudah menjadi angan-angan karena kondisi dirinya sebagai Api Olympus, yang telah mengalami perubahan akibat pertempuran akbar demi menyelamatkan Olympus. Demikian juga Joel yang kehilangan sebelah lengannya, dan digantikan dengan tangan perak mekanik buatan Vulcan yang sangat kuat, serta wujud Pegasus yang tak mungkin disamarkan jika mereka berkunjung ke Bumi. Apalagi CRU masih memiliki antek-antek di Bumi yang berniat menangkap mereka untuk dijadikan percobaan pembuatan alat-alat pemusnah.

Read more »

Books "SPELLBINDER"

Books “SANG PENGIKAT MANTRA”
Judul Asli : SPELLBINDER
[ book 1 of SPELLBINDER Series ]
by Helen Stringer
Copyright © 2009 by Helen Stringer
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fialita & Primadonna Angela
Editor : Primadonna Angela
Desain Sampul : EorG
Cetakan I : April 2014 ; 408 hlm ; ISBN 978-602-03-0377-2
Rate : 3.5 of 5

Jika diberikan pilihan untuk terlahir dengan memiliki bakat khusus, atau sama sekali tidak memiliki bakat dan kemampuan yang menonjol,  menjadi sosok remaja yang ‘biasa-biasa’ saja, pilihan manakah yang akan kau ambil ? Tentu saja hampir sebagian besar remaja memilih memiliki ‘sesuatu’ yang membuat mereka ‘spesial’ daripada sekedar remaja normal dan biasa. Namun bagi Belladonna Johnson, justru acapkali dirinya berharap terlahir sebagai gadis biasa dan normal, tanpa kemampuan atau bakat-bakat khusus. Aneh kan ? Tetapi mungkin bisa dimaklumi, jika dirimu berada pada posisi Belladonna. Karena ia bisa melihat HANTU. Sebuah bakat yang diwarisi dari sang ibu, bahkan nenek serta bibinya, juga memiliki keistimewaan menyangkut dunia supranatural.

Read more »

Books "SEASON OF THE WITCH"

Books “JERAT-JERAT SIHIR”
Judul Asli : SEASON OF THE WITCH
by Natasha Mostert
Copyright © 2008 by Natasha Mostert
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Lulu Wijaya
Desain & Ilustrasi Sampul : eMTe
Cetakan I : September 2011 ; 536 hlm ; ISBN 978-979-22-7502-5
Rate : 4 of 5
“Aku selalu ingin mengetahui apa saja yang bisa diketahui di dunia ini ...” [ Joannes Trithemius, Steganographia(Tulisan Rahasia), 1499 ]
Apa yang membuat manusia layak sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang termulia, tersirat dalam perkembangannya melalui jaman, dengan memanfaatkan pengetahuan yang tersedia di alam semesta serta mengolahnya demi kepentingan masing-masing. Dan bagi sebagian dari manusia, yang menerima ‘sedikit-kelebihan’ dibandingkan yang lain, kemampuan atau bakat yang diasah bisa menjadi keahlian khusus yang membuat dirinya manusia istimewa. Sayangnya, sebagian dari mereka pula, nyaris tak mampu mencapai kehidupan panjang yang layak, karena ketakutan atas ‘keistimewaan’ tersebut membuat mereka menutup diri (sekaligus mematikan hal tersebut), atau justru terlalu menganggap tinggi kemampuan diri, hingga kesombongan akhirnya justru menjadi bumerang yang menghantam dirinya.

Read more »

Books "ENDER’S GAME"

Books “ENDER’S GAME”
Judul Asli : ENDER’S GAME
[ book 1 of THE ENDER’S QUINTET ]
by Orson Scott Card
Copyright © 1977, 1985, 1991 by Orson Scott Card
Penerbit Mixan Fantasi
Alih Bahasa : Kartika Wijayanti
Editor : Nunung Wiyati
Proofreader : Pritameani
Lay-out : Adfina Fahd & Arya Zendi
Desain sampul : OddLot
Penata sampul : Tri Raharjo & Arya Zendi
Cetakan I : Oktober 2013 ; 484 hlm ; ISBN 978-979-433-747-9
Rate : 4 of 5

Aku terlahir dengan nama Andrew Wiggin. Namun lebih sering dikenal sebagai Third – julukan yang diberikan karena diriku adalah anak ke-3 dari kedua orangtuaku. Ini juga sebagai pertanda bahwa kelahiranku bagaikan ‘aib’ karena pemerintah telah mencanangkan peraturan bahwa setiap keluarga hanya diperbolehkan memiliki dua orang anak. Bahkan bagi Peter – kakak tertuaku, keberadaan diriku tidak lain sebagai sarana pelampiasan rasa bosan, hingga kemarahan dan target bulan-bulanan. Terbiasa dengan perlakuan Peter, diriku terlatih untuk waspada dan mampu men-tolerir perlakuan teman-teman sekolahku. Jika semuanya tak tertahankan, selalu ada Valentine – kakak perempuanku yang sangat mengasihi dan melindungi diriku dalam kondisi apa pun.

Read more »

Books "THE CANDYMAKERS"

Books “PARA PEMBUAT PERMEN”
Judul Asli : THE CANDYMAKERS
Copyright © 2010 by Wendy Mass
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Maria M. Lubis
Editor : Jia Effendie
Proof Reader : Fenty Nadia
Lay-out : Husni Kamal
Desain & Ilustrasi Sampul : Atita Dwi Indarty
Cetakan I : Juli 2011 ; 556 hlm ; ISBN 978-979-024-482-5
Rate : 5 of 5

Pabrik permen LIFE IS SWEET sangat dikenal oleh anak-anak serta pecinta permen di Region Tiga, maka tak heran ketika diumumkan bahwa tempat tersebut terpilih menjadi salah satu lokasi untuk kompetisi membuat permen terbaik di dunia, banyak sekali calon peserta yang berminat dan mendaftarkan diri. Namun pada akhirnya terpilih empat orang anak berusia 12 tahun, mewakili Region Tiga dalam ajang kompetisi Internasional ini.

Miles O’Leary, Daisy Carpenter, Philip Ransford III dan Logan Sweet, empat orang anak yang diundang khusus memasuki bagian dalam pabrik Life Is Sweet, untuk mempersiapkan permen ciptaan masing-masing yang akan diikutsertakan dalam kompetisi. Empat orang anak yang memiliki sifat dan karakter berbeda-beda ini, menjelajahi dunia impian, melihat langsung proses pembuatan permen yang unik, menarik, menyenangkan dan menggiurkan, untuk memperoleh pemahaman lebih detil bagaimana cara membuat sebuah permen yang luar biasa.

Read more »

agatha christie : the pale horse

the pale horse
misteri penginapan tua
agatha christie
gramedia, cetakan keempat : juni 2012
333 halaman


kamis 24/4 (3:47 pm)

pengakuan mrs. davis yang tengah berada di ujung ajalnya pada pastor gorman yang sengaja diminta datang karena ada hal yang ingin disampaikan wanita tua itu pada sang pastor, ternyata berbuntut panjang. dalam perjalanan pulang kembali ke kediamannya, pastor gorman mampir ke sebuah kafe kecil untuk mencatatkan nama2 yang diberitahu oleh mrs. davis sebelum ia meninggal. rupanya daftar nama itulah yang justru merenggut nyawa sang pastor karena saat keluar dari kafe, ada seorang pria yang membuntutinya lalu membunuhnya.

waahh.. ada apa sebenarnya, dan apa maksud dari daftar nama yang disembunyikan sang pastor di sepatunya itu? melalui hasil penyelidikan, ternyata hanya 2 nama di akhir daftar yang masih dalam keadaan hidup sementara nama2 di atasnya telah meninggal.

dalam buku ini, kita tidak akan menemukan hercule poirot ataupun miss marple namun demikian ngga mengurangi keasyikan mengikuti penyusutan mark easterbrook yang secara tidak sengaja terlibat dalam suatu hal yang diduga melibatkan praktek perdukunan, wah!

benarkah orang bisa membunuh orang lain yang tinggal di tempat terpisah jarak puluhan kilometer hanya dengan menjampi2 barang milik calon korban? lalu bagaimana dengan saksi mata yang mengaku melihat sang pastor dan orang yang membuntutinya, benarkah kesaksiannya itu?

satu per satu potongan puzzle mulai menempati bagian yang pas hingga fakta2 yang ditemukan pun mendukung sebuah teori, hanya saja mengingat tidak ada yang mau membuka mulut sehubungan dengan pale horse, mark dan rekannya, ginger, merasa perlu untuk terjun langsung dan meminta bantuan pale horse dalam upaya berpura2 menyingkirkan seseorang.

berhasilkah upaya mark itu? bagaimana jika kemudian walau mereka sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk, namun ternyata sihir yang telah dikirimkan itu mulai menancapkan taringnya dan membuat keadaan memburuk?

ya ya yaa.. untuk mengetahui keseluruhan kisahnya, amat sangat disarankan untuk meluangkan waktu membaca buku yang satu ini, hahahaha :))

as always, gua salah donkss menebak pelaku pembunuhannya XD emang hebat bener dhe si agatha dalam meramu cerita dan menggiring pembaca untuk menetapkan tersangka lalu memutarbalikkannya di akhir dan mengungkapkan siapa pembunuh yang sesungguhnya, hahaha :p

4 bintang untuk "the pale horse" and can't wait to read another agatha's novels ^o^

kamis 24/4 (4:01 pm)

Kitab Suci Kesatria Cahaya

Pelajaran hidup menarik khas Paulo Coelho


Judul buku: Kitab Suci Kesatria Cahaya
Penulis: Paulo Coelho
Halaman: 149.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Judul yang menarik bagi para pembaca, kitab suci kesatria cahaya. Disini penulis seolah ingin mengatakan bahwa kita semua adalah para kesatria cahaya yang disebut dalam tulisannya. Buku ini menarik karena membuat banyak pelajaran hidup menarik yang aplikatif khas tulisan Paulo Coelho. Tidak heran setiap bukunya pasti diburu oleh para penggemar di seluruh dunia.

Buku ini memiliki sedikit kekurangan dalam hal font yang relatif kecil. Mungkin penerbit ingin memberikan efek seperti kita sedang membaca sebuah kitab. Ketidaknyamanan ini mungkin akan mengurangi kenikmatan membaca bagi beberapa orang. 

Membaca buku ini dari awal hingga akhir, cukup memuaskan. Bila anda ingin bergabung bersama para pembaca lainnya menjadi seorang kesatria cahaya, maka dengan membaca dan mempraktekan buku ini adalah salah satu jalannya. Kisah ini telah diterbitkan sebagai seri kolom "Maktub" dalam Folha de Sao Paulo di tahun 1993-1996, surat kabar lainnya di brasil dan di tempat lainnya. Terdapat beberapa hal menarik disini, misalkan pelajaran agar kita tidak terlalu tergesa-gesa dalam membuat suatu tindakan, keputusan, mengeluarkan perkataan.

Ada dua kekeliruan palng fatal dalam hidup, yaitu bertindak terlalu dini dan membiarkan kesempatan terlepas begitu saja; Khalifa Muawiyah pernah bertanya kepada Amru bin Ash tentang rahasia kepiawaian politiknya yang luar biasa: "Saya tak pernah melibatkan diri dalam sesuatu hal tanpa lebih dulu menyiasati jalan keluarnya; selain itu, saya tidak pernah masuk ke dalam sebuah situasi lalu terburu-buru ingin segera keluar lagi," demikian jawabnya.

 Coba kita baca salah satu artikel di kitab Suci Kesatria Cahaya tepatnya di halaman 122,

"Kesatria cahaya telah belajar bahwa Tuhan memakai kesendirian untuk mengajar kita bagaimana hidup bersama orang lain.
    Tuhan memakai kemarahan untuk memperlihatkan pada kita betapa berharganya perdamaian. Tuhan menggunakan kebosanan untuk menegaskan pentingnya petualangan dan spontanitas.
    Tuhan memakai keheningan untuk mengajar kita menggunakan kata-kata secara bertanggug jawab. Dia menggunakan keletihan sehingga kita memahami arti penting keterjagaan. Tuhan menggunakan penyakit untuk menekankan berkah kesehatan yang baik.
     Tuhan menggunakan api untuk mengajar kita tentang air. Dia memanfaatkan bumi sehingga kit mengerti arti penting udara. Tuhan menggunakan kematian untuk memperlihatkan pada kita pentingnya kehidupan."

Kemudian ketika kita melihat berbagai kemiskinan yang merajalela di sekitar kita, sang penulis mengungkapkan betapa mulianya bisa saling berbagi. Dia menerangkan bahwa Kesatria cahaya akan memberi sebelum dimintai.

"Mereka yang melihat penderitaan orang-orang lain dengan sikap tak peduli sesungguhnya merupakan orang-orang yang paling menderita dari semuanya." (hal 123).

"Sang kesatria tahu bahwa mimpi yang besar terdiri atas banyak hal yang berbeda-beda, sama seperti cahaya matahari adalah gabungan dari jutaan sinar."
Buku ini layak dibaca buat anda penggemar buku Paulo Coelho, kisah filsafat kehidupan, inspirasi hidup.

Entrok


Judul : Entrok

Penulis : Okky Madasari

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2010

Entrok dalam bahasa jawa berarti beha atau bra. Entrok pada masa Marni tinggal berdua simbok masih termasuk barang mahal. Marni sudah seharusnya memakai entrok tapi simbok tidak punya uang. Sehari-hari simbok mengupas singkong di pasar Ngranget. Upah simbok hanya dibayar dengan bahan makanan.

Entrok menjadi impian Marni. Marni ikut simbok ke pasar.  Di pasar, perempuan hanya dibayar bahan makanan. Laki-laki yang biasanya dibayar dengan uang karena mereka mengangkut barang. Marni tanpa malu turun ikut nguli dan mulai menawarkan jasanya. Sekeping demi sekeping ia kumpulkan sampai terbeli lah entrok.

Impian Marni tidak berhenti setelah punya entrok. Marni membeli bakulan untuk berjualan ke rumah-rumah. Dengan ditemani Teja, suami yang tadinya kuli pasar, Marni berkeliling menjual sayur. Dagangan Marni bertambah jenisnya yaitu panci dan wajan yang bisa dicicil setiap hari. Bakulannya merambah ke bakulan duit. Marni akan meminjamkan uang dan orang tersebut mengembalikannya dengan jumlah lebih besar. Seperti biasa bisa dicicil setiap hari.

Rahayu adalah anak satu-satunya Marni dan Teja. Kehidupan mereka sekarang tidak melarat seperti dulu. Mereks sudah punya rumah yang cukup besar. Teja sering menghabiskan waktu di luar rumah, pulang dengan mulut bau arak. Penyakit laki-laki kalau punya uang banyak ngelirik perempuan lain.  Marni membiarkan kelakuan Teja asalkan tidak berbuat di depan matanya. Sekalipun sakit hati, Marni tak mau bercerai. Enak aja nanti harta dibagi dua. Wong, dia yang capek cari uang lakinya tinggal nikmatin aja.

Rahayu mendapat ejekan anak rentenir, lintah darat yang bikin orang susah. Rahayu malu dengan teman-teman sekolahnya. Hubungan anak ibu ini tetap panas karena Marni masih nyuwun ke leluhur, Mbah Ibu Bumi Bapa Kuasa. Setiap minggu Marni membuat tumpengan dan ayam panggang sebagai wujud syukur atas rezekinya. Rahayu menolak mengikuti ritual Marni. Menurut Rahayu, ibunya berdosa. Puncaknya saat sajen Marni dibuang oleh Rahayu. Kedua bertengkar hingga saling diam beberapa hari. Setelah lulus SMA, Rahayu merantau ke Jogja.

Rahayu pulang sebentar untuk menikah dengan Amri, pria yang sudah beristri dan beranak satu. Setelah menikah, tidak ada kabar berita dari Rahayu. Marni pun tidak mencari tahu. Bertahun-tahun kemudian, Marni dikejutkan dengan keberadaan Rahayu yang ditahan di Semarang. Naluri seorang ibu meluruhkan pertikaian-pertikaian masa lalu. Ibu dan anak ini bertangis-tangisan. Marni rutin mengunjungi Rahayu. Biaya perjalanan Singget - Semarang tidak sedikit. Uang modal Marni ikut termakan. Demi anak tak apa lah. Saat Rahayu keluar penjara, Marni harus membayar uang jaminan. Demi anak, sawah tebu dijual.

Orang-orang yang bekerja di pabrik gula kaya-kaya dari hasil ceperan. Marni bekerja keras untuk mendapatkan uang.  Dua minggu sekali ia harus menyetor uang keamanan ke bapak-bapak berseragam loreng.  Keadaan berubah cepat orang-orang tidak lagi meminjam uang Marni. Ada bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga lebih rendah.

Kenapa orang yang kaya karena kerja keras malah lebih dipercaya memelihara tuyul atau melakukan pesugihan ? Sementara pak lurah, karyawan pabrik gula yang banyak harta dari menilep uang haram dari sana-sini malah disegani dan dikagumi ? Lha emangnya cukup dari gaji yang tidak seberapa bisa beli ini-itu. Siapa yang jadi tuyul sebenarnya eh maksudnya yang memelihara tuyul ?


Entrok sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris “The Years of Voiceless”. Menurut saya judul bahasa Inggrisnya lebih tepat dengan keseluruhan cerita. Dalam novel Entrok ini ada banyak peristiwa-peristiwa yang perlu dicermati. Tindakan represif dari oknum yang menjaga keamanan. Tekanan untuk orang Tionghoa. Perlawanan rakyat kecil mempertahankan tanah leluhur mereka. Aparat selalu benar. Jika salah, kembali ke poin pertama. Bagi yang melawan pilihannya mau mati atau ditangkap dan dicap komunis.


Book Review: Accident (1994)

Accident (1994)
by Danielle Steel (Author)
Original Language: English
Publisher: Delacorte Press
Country: United States
Publication Date: 1994
ISBN: 0385306024
Page Count: 480


Accident is a powerful and ultimately triumphant novel of lives shattered and changed by one devastating moment.
Although frequent business meetings keep her husband, Brad, away from home, Page Clarke feels blessed with her happy family and comfortable marriage. They have a house near San Francisco and she keeps busy looking after their seven-year-old son, Andy, and their teenage daughter, Allyson.
Allyson, at fifteen, is trying her wings and one weekend, instead of an evening with her friend Chloe, the girls lie and go out with two older high school boys. But a Saturday night that was supposed to be fun ends in tragedy when their car collides head-on with another.
At the hospital, Page finds Chloe’s divorced father, Trygve, and, unable to locate Brad, she leans on his strength throughout the the long hours of tormenting questions. Will Allyson live? Will any of them? Were the teenagers drinking? Using drugs? Who was at fault? And where is her husband? Without Brad by her side Page feels her life start to come apart as she is forced to confront the fact that Allyson may not live, and if she does, she may never be the same again.
In an inspiring novel that explores how many people are affected by one tragic accident and how they survive it, Danielle Steel brings us close to the characters whose lives are as familiar as our own… and who live, as we all do, in a world where everything can change in a single moment.

My review
This novel shares the story of a family's lives changed forever. The characters show remarkable courage and readers can connect with their feelings and emotions. People's lives can change so quickly. 
Accident is the first Danielle Steel book I read and it was wonderful. It kept me in suspense as to what would happen next. It made me think about how I would feel if I was in Page's place and had to go on wondering if my daughter would live or be disabled for the rest of her life and on top of it to find out that my husband has been cheating.
I think that the accident in the story was a great way to bring out the truth of everybody's situation. It may have brought out the worst in them, but in the end it brought out the best
Danielle Steel has a way of capturing an audience and keeping them interested right up to the very end. I pray I never have to deal with the stuff Page had to deal with.
 If you like tragics, along with fate love stories then this book is definetly for you.

Final rating : 5/5 stars