AUTUMN IN PARIS REVIEW

Judul: Autumn in Paris | Pengarang: Ilana Tan | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan kesembilan belas: Maret 2012, 264 halaman | Status: Owned book | Rating saya: 3 dari 5 bintang *** Peringatan: Tulisan ini kemungkinan mengandung spoiler *** Suatu kali hidup melambungkanmu setinggi langit, kali lainnya hidup mengempaskanmu begitu keras ke […]

[Review Novel] Winter in Tokyo


IDENTITAS BUKU :
Judul : Winter in Tokyo
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan Kesembilan - Maret 2010
Tebal : 313 halaman
ISBN : 978-979-22-3983-6
Rating : 4/5 bintang

SINOPSIS :
Tetangga baruku, Nishimura Kazuto, datang ke Tokyo untuk mencari suasana yang berbeda. Itulah katanya, tapi menurutku alasannya lebih dari itu. Dia orang yang baik, menyenangkan, dan bisa diandalkan.

Perlahan-lahan - mungkin sejak malam Natal itu - aku mulai memandangnya dengan cara yang berbeda. Dan sejak itu pula rasanya sulit membayangkan hidup tanpa dia.

Keiko tentang Kazuto

Sejak awal aku sudah merasa ada sesuatu yang menarik dari Ishida Keiko. Segalanya terasa menyenangkan bila ada dia. Segalanya terasa baik bila dia ada. Saat ini di dalam hatinya masih ada seseorang yang ditunggunya. Cinta pertamanya. Kuharap dia bisa berhenti memikirkan orang itu dan mulai melihatku. Karena hidup tanpa dirinya sama sekali bukan hidup.

Kazuto tentang Keiko

Mereka pertama kali bertemu di awal musim dingin di Tokyo. Selama sebulan bersama, perasaan baru pun terbentuk. Lalu segalanya berubah ketika suatu hari salah seorang dari mereka terbangun dan sama sekali tidak mengingat semua yang terjadi selama sebulan terakhir, termasuk orang yang tadinya sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya....

REVIEW :
Ini udah kesekian kalinya aku membaca ulang Winter in Tokyo ini. Tapi tetep aja, semuanya adalah buku pinjeman. Kalo kemarin pinjeman dari perpus SMA, sekarang pinjeman dari Heny haha.

Ceritanya tentang Kazuto, fotografer terkenal di New York yang melarikan diri ke Tokyo karena perempuan yang disukainya ingin menikahi sahabatnya. Sesampainya di Tokyo, Kazuto tinggal di sebuah apartemen kecil (satu rumah hanya ada empat kamar) dan memiliki tetangga bernama Keiko.

Pertemuan keduanya saja sudah diwarnai kehebohan. Lalu pertemuan selanjutnya tidak afdol kalo tidak berantem atau adu mulut. Tapi rasanya lucu membaca keduanya yang saling berantem seperti itu.

Seperti bisa ditebak, semakin sering keduanya bersama, maka akan muncul rasa-rasa yang tidak biasa. Yang mulai menyadarinya adalah Kazuto, lalu Keiko. Tapi yang aku sebal disini, keduanya berusaha mengelak dari perasaan masing-masing. Terutama Keiko, yang masih terobsesi sama cinta pertamanya, Akira.

Memendam perasaan yang sama namun tidak pernah diutarakan, akhirnya keduanya sering salah paham. Gemas deh bacanya. Sampai natal tiba, Kazuto berhasil membuat Keiko untuk berhenti memikirkan Akira dan mulai melihat Kazuto.

Tapi waktu itu situasinya tidak pas. Keiko sedang berada di dalam kereta yang akan pergi. Akhirnya dengan harap-harap cemas Keiko menunggu kepulangannya kembali ke Tokyo, dan berharap Kazuto dapat menjelaskan maksud ucapannya kepada Keiko.

Tapi sayang...
Sewaktu Keiko pulang, Kazuto tidak mengingat Keiko lagi...

Ilana Tan. Salah satu penulis favorit saya. Dari awal membaca karyanya yang Autumn in Paris, saya sukses nangis kejer di tempat umum. Semenjak itu, berniat untuk membaca semua karyanya.

Winter in Tokyo. Cerita yang biasa namun bisa diolah menjadi sangat menarik. Dengan bahasa formal namun mudah dipahami, alur yang cepat, dan penggunaan POV yang tepat, membuat saya ingin selalu membaca ulang novel ini.

Jujur, saya tidak tahu Ilana Tan itu orang mana, dan saya tidak pernah berusaha mencari tahunya. Tapi saya salut sama cerita-ceritanya yang selalu bersetting di luar negeri, dan dengan deskripsi yang detail banget (kecuali deskripsi New York di Sunshine Becomes You). Entah karena Ilana Tan pernah tinggal di sana atau bagaimana, saya juga tidak tahu.

Menggunakan sudut pandang yang berganti-ganti antara Keiko, Kazuto, dan beberapa orang di sekitar mereka, membuat kita lebih memahami perasaan masing-masing. Bagaimana susahnya memendam perasaan suka sama orang lain.

Tapi saya agak kurang sreg soal bagian amnesianya. Rasanya Kazuto terlalu beruntung disini. Kecelakaan pertama Kazuto mengalami amnesia sebagian. Kazuto melupakan memorinya sebulan terakhir, sebulan bersama Keiko. Rasanya aneh aja. Udah nyatain perasaan, tinggal nunggu waktu yang pas untuk menjelaskan ke Keiko, eh malah dapat kecelakaan. Yang dilupain pas bagian dia mengenal Keiko pula.

Udah gitu kecelakaan kedua. Kepalanya dipukul lagi. Rasanya terlalu beruntung apabila kepala kita dipukul dua kali, dalam rentang waktu yang singkat, tapi bukannya cedera lebih parah, malahan semua ingatannya kembali.

Ya, terlepas dari bagian amnesia itu saya suka ceritanya. Terutama bagian epilognya. Ternyata satu momen yang singkat, bila diceritakan dalam dua sudut pandang yang berbeda, hasil akhirnya bisa sangat berbeda dan itu sangat keren.

Kalo kamu suka Tokyo dan suka kisah yang menggemaskan namun manis, silahkan baca buku ini :)

Oh ya, ada beberapa quotes yang saya suka di novel ini :

"Kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap?"
[hal 68]

"Ingatanku memang bermasalah, tapi aku tahu apa yang ku rasakan."
[lupa di halaman berapa, lupa kata-katanya apa, tapi kira-kira kaya gitu .__.]

[Review Novel] Sunshine Becomes You


IDENTITAS BUKU :
Judul : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan Kedua, Januari 2012
Tebal : 432 halaman
ISBN : 978-979-22-7813-2
Rating : 4/5 stars

SINOPSIS :
Ini kisah yang terjadi di bawah langit New York...
Tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan...
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan...
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk
bertahan hidup.

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu - malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

REVIEW :
Buku rentalan ini saya baca jam 15.00 tadi dan sekarang sudah selesai. Rekor! Pertama kalinya saya bisa nyelesain buku yang lumayan tebal dalam sekali duduk baring. Ya, soalnya pegal kalo duduk lama -_-

Ini adalah buku kesekian Ilana Tan yang saya baca, dan tentu saja, tetralogi 4 musimnya telah saya baca semua, bahkan sempat re-read selama beberapa kali. Dan tetap saja, saya jatuh cinta sama cerita-ceritanya :")

Entah kenapa saya susah dalam menceritakan kembali isi novel dalam bentuk tulisan, jadi langsung ke review aja ya.

Sunshine Becomes You ini mengambil setting di New York. Awal mulanya, saya kira bakal dapat deskripsi New York secara mendetail, seperti deskripsi Seoul, Paris, Tokyo, dan London di tetralogi 4 musim. Tapi New York di sini tidak terlalu di tonjolkan. Ya, mungkin karena adegannya lebih banyak yang di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Untuk tokohnya, lagi-lagi saya jatuh cinta. Ilana Tan ini selalu bisa membuat karakter yang tidak bisa tidak dicintai. Penggambaran tokohnya kuat, baik dari segi karakter maupun sifatnya. Suka banget sama Alex Hirano. Enak diajak berantem dan tetap romantis :3

Yang saya suka dari Ilana Tan ini adalah selalu menggunakan bahasa baku seperti terjemahan, tapi sangat mudah untuk di pahami. Bahasanya baku, tapi mudah dipahami. Alurnya juga cepat dan tidak bertele-tele.

Sebenarnya udah sering baca cerita yang model begini. Tapi Ilana Tan bisa membuat semuanya menjadi lebih menarik. Dan selalu suka banget sama endingnya. Ending dari novel-novel Ilana Tan yang saya baca, mau happy ending atau sad ending, rasanya itu selalu puas. Rasanya, itulah ending yang tepat untuk cerita tersebut.

Sunshine Becomes You


Song of Memories



Judul          : Sunshine Becomes You
Pengarang : Ilana Tan
ISBN           : 9789792278132
Genre          : Metropo
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama

Mungkin, beberapa member BBI uda pernah baca buku ini. Tapi, aku .. hiks. Baru kemarin. Itupun, pinjem.
Maaf beribu maaf. Dua bulan, nggak muncul. Sibuk masalah UAS, UTS, Rapat kegiatan, Mudik dan belasan alasan yang lain :D
Tapi, saya muncul lagi ... *Taraaaa ... :p
Oke, ini buku Ilana Tan. Setelah, dia sukses dengan buku 4 musimnya. Ia pun menerbitkan buku nya lagi. Well, sebenarnya Ilana Tan sudah pernah menerbitkan buku baru judulnya Season to Remember. Tapi, aku belum mendapatkan pinjaman untuk buku itu. Buku ini bersetting kota New York dengan tokoh seorang pianis dan penari ..

Ini kisah yang terjadi di bawah langit New York..
Tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan..
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan..
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup..

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu, malaikat kegelapan yang membuatnya cacat.
Kemudian, Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya begaimana ia bisa berfikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelepan.
Awalya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannyadetik iu juga.
Kemudian, Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Miatakut Alex mendengarnya.

 Apa yang bisa aku katakan?? Buku ini seperti If I Stay dan Where She Went yang membuatku sesak. Tidak jantungan seperti Mia sih, hanya sesak. Tapi, rasanya itu sama sekali tidak nyaman. Sungguh!

Alex-Mia, bagaimana aku bisa mengatakannya ya? Alex walau dingin diluar kepada Mia, ia juga peduli kepada Mia. Dia care, Mia juga tahu itu. Hanya saja, ia terlalu sering mendapatkan rasa peduli dari orang lain. Tapi ini beda bagi Mia. Baginya, Alex peduli merupaka anugerah sekaligus masalah buat jantungnya. Itu berbahaya untuk jantungnya. Takut apabila,ia akan mati saat itu juga karena jantungnya yang berdetak sangat cepat seakan mau keluar.

Alex, ia tahu kalau Ray menyukai gadis itu. Tapi, bagi Alex Mia adalah mataharinya, hidupnya, nafasnya dan .. kopinya. Tanpa dia, dia akan mati dan akan selalu mati.

Adegan yang aku suka disini ketika Alex melihat video dari Mia. Disini, aku nyesek melihat Alex seperti itu. Kasihan dan care kepada dia. Tapi, rasa sakit, sesak dan kehilangan tergantikan dengan ucapa Mia yang mengatakan kalau dia juga mencintainya, sepenuh hati. Itu, dia pernah mengatakan hal yang sama kepada Ray kalau dia sangat mencintai Mia. Disinilah, aku mulai menangis seperti orang yang kesulitan bernafas.

Aku mengaku, aku menyukai cerita yang membuat nangis-nangis sampek berdarah, Tapi, plisss aku tidak menyukai ketika aku harus menangis darah. Well, boleh aku katakan cerita ini mirip dengan film yang di perankan oleh Hyun Bin di film First Love Milyader (maaf kalau salah). Disitu juga, cewek nya terkena penyakit jantung. Hanya saja, cowok nya bukan pianis. Tapi, sama-sama nyesek sih *hiks

Oke, aku tidak bisa mengatakan apa-apa lagi. Aku menyukai cerita ini luar-dalam. Bahkan sampai cacat nya. Aku sangat menyukai nya ..

Alex, sungguh. Tetaplah hidup untuk Mia kita. Dia akan selalu ada didalam hati kita.
           
 “Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kau percayai percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku”
-Mia Clark-







Winter in Tokyo by Ilana Tan

winter-in-tokyo-nadh

Judul: Winter in Tokyo

Penulis: Ilana Tan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Drama, Romance

Terbit: 2008

Akira. Setiap nama ini disebut, Keiko pasti langsung menolehkan kepalanya ke arah sumber suara. Karena dialah cinta pertama Keiko. Akira yang menolong Keiko saat di masa kecilnya, saat ia menangis mencari-cari kalung neneknya yang jatuh di tumpukan salju. Saat beranjak dewasa, nama ini tetap menempel di ingatan Keiko. Sampai suatu hari datang Kazuto, tetangga apartemen yang membuat Keiko penasaran. Pria penyuka fotografi yang membuat Keiko bertanya-tanya. Dan hari-harinya pun dipenuhi dengan kebersamaannya dengan pria itu.

Tapi lantas, Akira hadir lagi di kehidupan Keiko, secara tiba-tiba. Dan benar Kitano Akira yang itu, yang dulu menolong Keiko. Pria itu kini berprofesi sebagai dokter. Tetapi sayangnya, Akira sama sekali tidak mengingat kalau ia pernah bertemu dengan Keiko di masa kecilnya. Hanya saja, ketika Akira bertemu dengan Keiko versi dewasa, Akira merasa jatuh cinta pada gadis itu. Dan Keiko, ketika cinta pertamanya membalas perasaannya, harusnya ia merasa bahagia bukan? Ya, sepertinya. Tetapi, kenapa perasaan Keiko tak menentu ketika Kazuto hilang begitu saja darinya? Kenapa dia menjadi tidak bisa bernapas ketika mendapati kehadiran Kazuto kembali dengan seorang wanita lain di sampingnya? Apakah Keiko telah jatuh cinta pada Kazuto? Akankah Kazuto kembali pada Yuri, sahabat yang dicintainya yang membatalkan pernikahannya dengan pria lain? Dan Akira, apakah dia sanggup menerima ketika melihat binar hangat mata Keiko tatkala menatap Kazuto? Musim dingin di Tokyo, dan empat orang ini berusaha untuk meyakinkan perasaan masing-masing dan mengungkapkannya kepada orang yang dicintainya.

Saya membaca karya Ilana Tan lagi, yaitu seri tetralogi musim, yang sebelumnya baru saya baca sekali yaitu Autumn in Paris. Masih dengan kekhasan Ilana Tan saat menulis cerita: rapi, gaya bahasa yang halus, dengan alur yang tersusun apik. Namun saya merasa, justru kerapian itu yang menjadi bumerang. Novelnya menjadi terasa kurang gregetnya karena terlalu banyak keterangan atau deskripsi apa-apa saja yang dilakukan oleh para tokoh. Lalu bukannya rapi yang tanpa cela, tetap ada sedikit typo dan beberapa kalimat yang kurang satu kata, sehingga terasa janggal dibaca. Novel roman yang menyisipi unsur adegan perkelahian, ketika Kazuto diserang oleh para yakuza Jepang. Juga, menggunakan tema amnesia parsial yang membuat Kazuto kehilangan memori masa sebulannya di Tokyo. Di novel ini kita diajak menyelami perasaan Keiko dan Kazuto sebagai tokoh utama. Jika bisa diberi bumbu-bumbu sedikit lagi, sebenarnya bisa banget geregetan sama kedua tokoh ini. Sayangnya, penulis lebih memilih menekankan pada keterangan hal-hal yang dilakukan sang tokoh ketimbang memperdalam emosinya. Ya secara keseluruhan, saya tetap menikmati membaca novel ini hanya dalam waktu tiga hari. Tetap agak penasaran dengan endingnya, yang meskipun bahagia (sengaja spoiler sedikit, karena dua novel Ilana Tan yang lain yang saya baca selalu sad ending, haha!), tetapi tetap disampaikan dengan cara tak terduga. :)


Autumn Once More

source: goodreads Judul: Autumn Once More - Kumpulan Cerpen Metropop Penulis: Aliazalea, Anastasia Aemilia, Christina Juzwar, Harriska Adiati, Hetih Rusli, Ika Natassa, Ilana Tan, Lea Agustina Citra, Meilia Kusumadewi, Nina Addison, Nina Andiana, Rosi L. Simamora, Shandy Tan Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal: 232 halaman Cetakan Kedua, April 2013 Goodreads rating: 3.64/5.00 Heaven

[Segera Difilmkan] Sunshine Becomes You – Ilana Tan

Lalala~~

Pagi ini aku dapat kabar dari fanpage Gramedia Pustaka Utama. Salah satu penulis yang karya-karyanya sempat kulahap akhirnya menuai sukses. Sunshine Becomes You akan difilmkan loh!

Ya, walaupun jujur aja aku belum baca novel Ilana Tan yang satu ini. Aku kan baru baca Season Seriesnya aja (kebayang Autumn In Paris).

Baca selengkapnya »

Sunshine Becomes You

Ini kisah yang terjadi dibawah langit New York...
Tentang harapan yang muncul ditengah keputusasaan...
Tentang impian yang bertahan diantara keraguan...
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup...

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu - Malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian, Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan berharap bumi menelannya detik itu juga. 
Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.


Okhaaay, then ...
Let's review this novel guys... :)

Satu lagi novel karya Ilana Tan yang saya tunggu-tunggu banget. Hehe. Setuju kan? Karena karya-karya Ilana Tan selalu aja bisa bikin saya ngerasa amazing setelah baca ceritanya. Ceritanya manis tapi nggak selalu menjanjikan kita akhir cerita yang bahagia. 

Oke-oke, 
Ceritanya bermula dari Ray Hirano yang mengajak kakaknya, Alex Hirano ke studio tari tempatnya mengajar untuk memperlihatkan wanita yang dia suka - Mia Clark. Tapi, kunjungan itu rupanya awal dari malapetaka untuk Alex. Saat akan menaiki tangga, Alex merasa sesuatu menabraknya hingga jatuh terguling di tangga yang ternyata adalah Mia. Alex marah besar apalagi setelah dokter mengatakan kalau tangannya yang kemungkinan bisa cacat permanen. Dan itu artinya, dia harus membatalkan konser piano yang sudah dekat dan bahkan mengubur mimpinya untuk terus menjadi pianis.

Mia merasa bersalah dan memutuskan untuk bertanggung jawab membantu Alex sampai tangannya sembuh. Alex selalu bersikap sinis, tapi Mia menganggapnya sebagai konsekuensi atas kesalahannya. Sedangkan Ray selalu membujuk Alex untuk sedikit bersikap ramah terhadap Mia, tapi tak di dengarkan. 

Sama seperti Alex, Mia menyimpan mimpi besar yaitu sebagai penari yang terkenal. Namun impiannya terpaksa harus ia simpan karena suatu hal yang tak pernah ia duga sebelumnya. Alex dan Mia sama-sama terkejut saat mengetahui kalau masing-masing dari mereka ternyata lulusan Juilliard. Dari situlah mereka mulai mengagumi satu sama lain. Bahkan sikap Alex mulai bisa melunak kepada Mia. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Yak, sampe situ aja ceritanya ya... Hehe.
Soalnya buat yang suka baca novel, wajib banget baca buku ini.
Konflik cerita ini dapet banget. Seperti biasa, pengarang jago banget ngaduk-ngaduk perasaan pembaca. Ditambah lagi saya nggak bisa nebak-nebak endingnya, kecuali udah mau akhir cerita. 

Terkadang, mimpi adalah semangat hidup kita yang mesti kita kubur dalam-dalam untuk mewujudkannya karena keadaan dan kenyataan yang nggak sesuai dengan keinginan kita. Entah datangnya dari dalam diri sendiri atau faktor eksternal yang nggak pernah kita sangka akan terjadi... Right? 

Saya suka banget karakter Mia disini... Penuh semangat juang walaupun dia tau, impian terbesarnya nggak mungkin bisa tercapai. Dia menjadi seseorang yang kuat, dan nggak pernah mau ngerepotin orang lain. Menerima segala konsekuensi dan bertanggung jawab menyelesaikan apa yang udah menjadi keputusannya. 

Dan yang saya suka selain itu adalah cara unik Mia ngasih kado ulang tahun Alex. Dia ngasih tiga lembar "voucher permintaan kepada Mia Clark", sepanjang Alex mengajukan permintaan yang masuk akal. Mungkin sederhana, tapi terlihat langka dan istimewa. Karena kebanyakan orang akan menghadiahi barang-barang yang mereka pikir adalah simbol kasih sayang dan kepedulian buat orang yang ulang tahun. Hehe... I love those simply way... 

Jadi, kalo disuruh ngasih rate, saya kasih LIMA BINTANG & EMPAT JEMPOL buat novel ini...

Hehe..

Baca yaaa, nggak bakal nyesel deh bacanyaa. :D